NASA Lepas Landas di Mars pada 2021

42
nasa mars earth

Di Mars Nasa akan berusaha membuat oksigen pada permukaan planet Mars. 

Rencananya, Pesawat Mars 2020 akan membawa setidaknya tujuh proyek yang akan diarahkan untuk merintis jalan bagi misi berangkat ke Mars. Tugas utamanya adalah untuk mencari bukti-bukti kehidupan dan menyimpan sampel yang nantinya akan dibawa kembali ke sana.

Dilansir dari BBC, proyek utama Nasa ke Mars, yaitu peralatan yang dapat mengubah CO2, yang banyak di udara Mars yang tipis, menjadi O2. Hal tersebut dapat mendukung kehidupan manusia atau bahkan membuat bahan bakar untuk roket yang akan membawa pulang awak ruang angkasa di sana.

Jika proyek ini berhasil, maka kemampuan memproduksi oksigen akan sangat membantu ambisi untuk misi berawak ulang alik ke Mars karena seperti diketahui bahwa membawa bahan bakar amatlah sulit dan membutuhkan biaya dalam jumlah besar.

Salah seorang penguji MOXIE, Profesor Tom Pike dari Imperial College, London, mengatakan perubahan fokus dalam misi ke Mars seperti mengganti persneling.

“Ini lebih seperti Star Trek tua yang lebih berani, dengan fokus utama dari muatannya adalah ekslporasi dan bukan ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Menurutnya tak banyak tempat yang bisa dituju manusia setelah bulan, sehingga Mars bisa menjadi salah satu pilihan layak. Kabar mengenai kehidupan di Planet Mars, memang sudah lama beredar. <<[Teks @shintaasarass| Foto exopolitics.org]

Share it