Nutrisi Penguat Daya Ingat

145
nutrisi otak

Seperti organ vital lainnya, kinerja otak ikut dipengaruhi oleh usia – sebuah takdir biologis yang tidak dapat kita hindari. Namun, penurunan performa organ vital ini mungkin saja terjadi lebih cepat bila gaya hidup Anda tidak sehat, tidak cukup istirahat, maupun kurang berolahraga. 

 

Kurangnya pasokan oksigen ke otak dan gangguan nutrisi juga bisa mempercepat penurunan performa otak Anda – membuat Anda jadi pelupa dan sulit berkonsentrasi.

Bicara soal nutrisi yang bagus untuk memperpanjang kemampuan prima otak Anda, satu yang paling sering disebut dan diyakini dapat membantu Anda agar tidak cepat pikun adalah gingko biloga. 

Gingko biloba didapat dari daun pohon gingko biloba. Daunnya berbentuk seperti kipas. Suplemen gingko biloba yang bisa Anda temukan di pasaran merupakan ekstrak dari daun kering gingko biloba. Kandungan penting dari daun gingko yang diambil adalah flavonoid dan terpenoid. Keduanya diyakini merupakan antioksidan yang kuat dan dapat membantu memperlancar peredaran darah ke otak dengan cara memperlebar pembuluh darah dan mencegah penggumpalan thrombosit.

 

Produk-produk ekstrak gingko biloba biasanya berukuran 40mg, 60mg, dan 120mg dengan dosis pemakaian 2-3 kali sehari. Sebaiknya Anda tetap mengonsultasikan konsumsi suplemen ini dengan dokter Anda, terutama jika Anda juga sedang mengonsumsi obat diabeters, tekanan darah tinggi, pengencer darah dan antidepresant. 

Ketika mengonsumsi suplemen gingko biloba, Anda juga perlu mengamati efek samping yang mungkin timbul – misalnya, pusing, sakit kepala, jantung berdebar, diare atau reaksi alergi lainnya. Timbulnya gejala-gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda harus menghentikan konsumsi suplemen dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Sebetulnya, gingko biloba bukan satu-satunya nutrisi yang bisa memperpanjang daya ingat dan kemampuan kerja otak Anda. Keseimbangan nutrisi-nutrisi penting berupa mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh tunggal (seperti pada olive oil, minyak canola dan buah avokad) juga membantu. Jangan lupa asam lemak omega 3 yang banyak terdapat pada salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Dan bila nutrisi untuk otak sudah terpenuhi, Anda juga tidak boleh malas melakukan senam otak. Beberapa kegiatan menyenangkan, seperti mengisi teka-teki silang dan menyusun puzzle diyakini dapat merangsang kerja otak dalam mengingat dan mengolah ingatan sehingga memperbaiki daya ingat dan kemampuan konsentrasi secara keseluruhan.

 

Sumber: fitnessformen.co.id

Share it