Orang Indonesia Terkaya Versi Forbes

54

Pemilik BCA dan Djarum ini berada di urutan 131 orang terkaya di dunia versi Forbes, Budi Hartono masih memuncaki orang terkaya di seluruh Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai 8,5 miliar dollar AS dengan sumber kekayaan dari dari perbankan dan tembakau. Peringkat ini naik dibanding tahun lalu dimana ia berada di posisi 146 dengan kekayaan 6,5 miliar dollar AS.

Peringkat kedua orang Indonesia terkaya di dunia ditempati oleh Michael Hartono dengan kekayaan sebesar 8,2 miliar dollar AS di urutan 138 orang terkaya di dunia.

Di urutan ke 395 terdapat Sri Pakash Lohia, Indorama Venture dan menjadi pemasok terbesar resin polyethylene terephthalate (PET) di dunia. Kekayaannya mencapai 3,4 miliar dollar AS. Di urutan yang sama pula Chairul Tanjung, Pengusaha media pemilik CT Corporation ini memiliki kekayaan 3,4 miliar dollar AS.

Urutan ke 503 ditempati Sukanto Tanoto, pemilik Royal Golden Eagle sekaligus pemilik perusahaan kelapa sawit Asian Agri memiliki kekayaan sebesar 2,8 miliar dollar AS. Pada tahun lalu, ia masih berada di urutan 418 dengan kekayaan yang jumlahnya sama.

Melalui Rajawali Group, Peter Sondakh berada di urutan ke 589 dengan kekayaan mencapai 2,5 miliar dollar AS.

Martua Sitorus, pendiri dan CEO Wilmar International, perusahaan perkebunan dan pengolah minyak sawit mentah (CPO) terbesar di dunia dan produsen gula terbesar kedelapan berada di posisi ke 736 dari daftar Forbes. Kekayaannya mencapai 2 miliar dollar AS setelah sebelumnya sempat berada di posisi ke 377 dengan kekayaan 3 miliar dollar AS tahun 2013 yang lalu.

Pemilik Bank Mayapada dan memiliki sejumlah real estate dan hotel di Jakarta, Bali dan Batam serta menara di Singapura, Tahir berada di posisi ke 736 dengan kekayaannya mencapai 2 miliar dollar AS.

Low Tuck Kwong, pemilik perusahaan batubara Bayan Resources dengan kekayaan 1,9 miliar dollar AS berada di posisi ke 882. Tahun lalu, Low menempati urutan 304 dengan daftar kekayaan 3,6 miliar dollar AS. Kekayaannya menurun karena harga batubara yang sempat merosot di tahun 2012 dan di tahun 2013 ini.

Theodore Rachmat juga berada di posisi 882 dengan kekayaan 1,7 miliar dollar AS. ia merupakan Pemilik usaha CPO, Triputra Agro Persada dan turut berinvestasi di Adaro Energy 

Masih di posisi ke 882 dengan kekayaan yang sama, Hary Tanoesoedibjo, CEO MNC juga masuk kedalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes tahun 2013

 

Sumber: kompas.com, forbes.com

Share it