Pabrik Baterai Mobil Listrik Didirikan Di Karawang, Investasi Sebesar Rp 15 Triliun

63
Pabrik Baterai Mobil Listrik Didirikan Di Karawang

Industri baterai listrik untuk mobil listrik/electric vehicle (EV) terbesar se-Asean mulai didirikan di Karawang, Jawa Barat. Dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, investasi senilai US$ 1,1 miliar atau setara Rp 15,62 triliun ini datang dari teknologi LG Electric dan Hyundai Motors.

Pabrik Baterai Mobil Listrik Didirikan Di Karawang

PT HKML Battery Indonesia mendirikan pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang. Pembangunan ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia saya nyatakan dimulai,” ucap Jokowi disiarkan dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (15/9).

Ini merupakan pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara. Tidak tanggung-tanggung, investasi sebesar Rp 15 Triliun pun digelontorkan untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik ini.

“Era kejayaan komoditas bahan mentah sudah berakhir dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi masuk ke industrialisasi. Menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis kepada pengembangan inovasi teknologi,” tambah Jokowi.

Pabrik Baterai Mobil Listrik Didirikan Di Karawang

CEO LG Energy Solution Jonghyun Kim, mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi negara terdepan dalam transformasi industri kendaraan ramah lingkungan di dunia.

“Ketika pabrik selesai, Indonesia akan selangkah lebih dekat untuk membangun rantai pasok kendaraan listrik terintegrasi pertama di dunia sebagai pusat industri kendaraan listrik,” ujar Kim dalam sambutannya pada peletakan batu pertama pembangunan pabrik baterai mobil listrik tersebut.

Baca Juga : Inilah Daftar Produk Apple Yang Dirilis Di Apple Event 14 September 2021

Pada Maret 2022, mobil listrik pertama secara masal akan dihadirkan dari pabrik di Karawang. Di tahun 2023, baterai listrik pertama secara masal akanjuga hadir dari pabrik di Karawang.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it