Pagelaran Perdana Bali Aero Sport Festival 2014

64

Festival ini akan melibatkan seluruh olah raga udara, seperti Paralayang, Paramotor, Terjun Payung, Gantolle, Aeromodeling dan Ultra Light.

Karena melibatkan seluruh olahraga udara di Indonesia, kegiatan ini dikategorikan spektakuler. BASF juga didukung Tentara Nasional Indonesia–Angkatan Udara (TNI-AU) untuk pesawat dan helikopter serta perizinan dari Badan SAR Nasional.

Tidak hanya itu, PB-FASI juga mengundang pilot tamu dari Eropa, Thailand, dan Australia yang akan melakukan pertunjukan akrobatik udara menggunakan Paralayang, Paramotor, dan Gantolle.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pertama di Indonesia. Belum pernah ada sebelumnya. Kami tidak hanya mengundang atlet dari dalam negeri saja, namun kami juga mengundang atlit dari mancanegara,” ungkap Adi Dirhamsyah, Ketua Panitia Pelaksana BASF 2014 dalam keterangan persnya yang dilansir Antara.

PB-FASI dalam kegiatan ini, mendatangkan empat pilot paralayang Eropa, 6 pilot paramotor Thailand, dan 1 pilot gantolle dari Australia. 

PB-FASI juga melibatkan 25 pilot paralayang Indonesia, 40 pilot paramotor Indonesia, 20 penerjun nasional Indonesia, 2 pilot ultralight, serta 5 pilot aeromodeling, selain tamu dari mancanegara. Total peserta adalah 100 orang.

Kegiatan ini juga akan mengembangkan atlit dan juri paralayang Indonesia, selain memberikan pertunjukan untuk masyarakat luas.

Panitia pelaksana bekerjasama dengan berbagai pihak juga akan mengadakan program pelatihan bagi atlit serta juri akrobatik paralayang Indonesia, yang pengajarannya disampaikan oleh pilot tamu dari Eropa.

“Kami juga mengadakan pelatihan bagi atlit dan juri paralayang Indonesia, sehingga kegiatan ini tidak hanya memberikan pertunjukan kepada masyarakat umum, namun juga mengembangkan kemampuan atlit paralayang Indonesia”, jelas Adi Dirhamsyah.

Rencananya kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh PB-FASI ini akan menjadi agenda tetap tahunan di lokasi yang sama, yaitu Pulau Dewata Bali, Indonesia.

Share it