Patek Philippe Berusia 115 Tahun Terjual Rp22,5 miliar

49

Juru bicara rumah lelang Christie mengatakan arloji yang bisa dibuka bagian atasnya dan memiliki emas 18 karat hasil produksi pembuat jam terkenal di Swiss pada 1898 itu diperkirakan terjual dengan seharga US$1,5 dalam lelang.

Berbeda pada kenyataannya, para kolektor dari 30 negara, sangat bersemangat memiliki benda tersebut sehingga membuat harga arloji itu naik dan terjual dengan harga US$2,25 juta, termasuk komisi.

Seperti yang dilansir dari Forbes.com, Christie mengungkapkan pembelinya adalah seorang kolektor swasta dari Amerika Serikat.

Lelang tertinggi untuk koleksi jam eksklusif Christie seluruhnya menghasilkan penjualan US$7,9 juta dari benda koleksi orang Amerika dan Asia.

Harga itu tidak memecahkan rekor tetapi merupakan jam termahal yang pernah dijual di kantor pusat Christie New York dan menjadi harga tertinggi untuk jam dalam lelang tahun ini.

Seperti juga benda berharga lain diantaranya lukisan, anggur bahkan mobil, kini arloji juga terus menanjak harganya khususnya pada pasar lelang eselon tinggi.

Christie pun tidak mengungkapkan penjual arloji yang hanya dikenal sebagai Stephen S. Palmer Patek Philippe Grand Camplication No.97912, sesuai nama pemilik asli, seorang indstriwan yang meninggal pada 1913.

Seorang kolektor Asia diketahui pada November 2011, membeli Patek Philippe yang pernah dimiliki pemain gitar Eric Clapton dengan harga US$3,6 juta, sedangkan arloji Patek Philippe superkomplikasi lainnya terjual dengan harga di atas US$11 juta pada 1999.

Share it