Pelukis Made Wiguna Valasara adakan pameran tunggal

314

Pelukis Made Wiguna Valasara yang lahir di Sukowati, Bali, 1983, mengadakan pameran tunggal bertajuk “Lukisan-Lukisan” di Art Space:1, Art:1, Jl. Rajawali Selatan Raya, No.3, Jakarta.

Ini adalah pameran tunggalnya yang ke-5. Sebelumnya Valasara melakukan pameran solo di Hong Kong pada Maret 2015.

Teknik melukis yang digunakan Valasara ialah memakai perhitungan yang matang dan kecakapan tangan dalam membentuk kontur. Mengisi dan menyumpal kanvas-kanvas dengan material lunak sintetik yaitu dakron, kemudian ia menjahitnya berdasarkan pola-pola tertentu sehingga tercipta kontur atau volume pada kanvas tersebut.

Menurut kurator pameran ini, Agung Hujatnikajennong menyampaikan, “Karya-karya pada pameran ini tidak menampilkan lukisan dalam pengertian konvensional. Karya-karya tersebut merupakan prestasi sebuah proyek tentang seni lukis yang ideologis, menggunakan kanvas tetapi tidak sebagai medium yang netral, melainkan material yang bersifat simbolik membawa serta sejarah seni lukis serta dominasinya dalam praktik penciptaan seni selama berabad-abad.”

Lanjutnya, “Pada pameran ini akan ditemukan gambar-gambar yang diambil atau dicuplik dari lukisan-lukisan renesans yang digunakan untuk menunjukan rentang usai sejarah seni rupa [barat] yang sampai dengan saat ini masih diyakini.”

Harga lukisan Valasara dalam pameran ini dimulai dari harga IDR 50 juta. Dan Brava Listeners bisa menyaksikan langsung keindahan karyanya hingga 19 November 2015.

Share it