Pemerintah akan Terbitkan Kembali Samurai Bond

70
samurai bond

 

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Robert Pakpahan di Jakarta, Rabu, Samurai Bond sebetulnya telah direncanakan di 2014, akan tetapi diundur ke tahun 2015. Hal ini baik dilakukan guna menambah instrumen baru, basis investor dan diversifikasi mata uang.

Robert mengatakan penerbitan Samurai Bond kali ini berbeda karena merupakan instrumen baru yaitu “unguaranteed” atau tanpa jaminan, untuk mencari basis investor baru Jepang yang sekiranya memiliki kepercayaan terhadap surat utang Indonesia.

Pemerintah siap menerbitkan obligasi berdenominasi valas seperti global bonds, sukuk global maupun Samurai Bonds pada semester I-2015, namun penerbitan Euro Bonds kemungkinan baru dilakukan pada semester II.

“Kalaupun ada, kita agak mundur ke semester dua, mungkin yang mata uang tingkat bunganya tidak terlalu volatile, seperti Euro Bonds. Euro kan tingkat bunganya menurun, sehingga tidak ada urgency diterbitkan pada semester satu, jadi tidak perlu buru-buru,” ujarnya. « [teks @shintaasarass| foto themalaymailonline.com]

Share it