Pencarian Kendaraan Listrik di Google Naik Sampai 300 Persen

22
Pencarian Kendaraan Listrik di Google Naik Sampai 300 Persen

Brava Listeners, dalam laporannya Google mencatat kenaikan 300 persen dalam pencarian kendaraan listrik atau EV selama periode satu tahun dari 2020 sampai 2021.

EV yang dimaksud mencakup mobil bertenaga listrik murni dan hibrida. Menurut Google, penelusuran terkait topik kendaraan hibrida naik 53 persen selama periode yang sama dan penelusuran untuk kata kunci terkait mobil listrik naik 60 persen di YouTube.

Pencarian Kendaraan Listrik di Google Naik Sampai 300 Persen

“Seperti Wuling EV, Honda EV, Daihatsu EV, Suzuki EV, Hyundai EV, Mitsubishi EV, dan Toyota EV,” kata Industri Analis Otomotif Google Indonesia Karlina Ayuningtyas dalam diskusi virtual, Selasa (9/8/22).

Karlina juga mengatakan penelusuran untuk harga EV mencapai 35 persen dari penelusuran terkait EV secara keseluruhan, sementara 29 persen dari penelusuran terkait hibrida adalah penelusuran untuk informasi harga. Selanjutnya, volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google 30 persen lebih tinggi daripada penelusuran untuk SUV dan hatchback dari Agustus 2021 sampai Juli 2022.

“Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online,” tambahnya.

Pencarian Kendaraan Listrik di Google Naik Sampai 300 Persen

Di sisi lain, dalam periode yang sama, penelusuran untuk “motor listrik” di YouTube naik 85 persen. Selain itu, tren terkini di Google juga menunjukkan penelusuran terkait otomotif di Google naik 20 persen selama periode yang sama. Rincian penelusuran di YouTube untuk kreator konten yang berspesialisasi dalam konten otomotif naik 16 persen, dan penelusuran untuk “dealer terdekat” naik 43 persen selama periode yang sama.

Sebagai informasi, Google dan YouTube merupakan sumber utama berita dan informasi tentang GIIAS, dengan 61 persen responden survei pada bulan Juli 2022 mengatakan bahwa mereka menggunakan kedua platform tersebut, diikuti oleh media sosial, TV/radio, disusul oleh media cetak dan papan iklan.

Baca Juga: 3 Makanan yang Tidak Direkomendasikan Dibeli Lewat Pesan Antar

Apakah Anda termasuk orang yang mulai tertarik dengan kendaraan listrik Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it