Pengusulan Kota Makasar Menjadi Kota Kreatif dunia

81
Makasar

Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengusulkan Kota Makassar ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB [UNESCO] sebagai Kota Kreatif Dunia.

 

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Lokot Ahmad Enda di Makassar, Selasa, bahwa ekonomi kreatif dari kota ini sangat berkembang. Ia juga menambahkan bahwa Kota Makasar memiliki daya tarik di bidang budaya dan pariwisata yang masuk dalam kategori untuk diajukan sebagai kota kreatif ke badan PBB, yakni UNESCO.

Jika Makassar menjadi salah satu jaringan kota kreatif di dunia, maka secara langsung akan berdampak positif bagi dunia internasional karena dapat langsung dipromosikan gratis di website UNESCO.

Lokot Ahmad mengatakan kota Makassar selain menjadi kota kreatif dunia, juga menjadi kota tujuan pariwisata oleh wisatawan-wisatawan baik domestik maupun dari mancanegara. 

Namun, sebelum itu terjadi, dibutuhkan proses yang cukup panjang, seperti sosialisasi yang gencar untuk pertemuan-pertemuan berikutnya dari komunitas seni dan budaya di Kota Makassar, untuk memberikan aplikasi atau proposal terhadap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna diajukan ke UNESCO.

Selain Makassar yang sekarang diusulkan ini, sudah ada beberapa kota di Indonesia yang sudah masuk UNESCO di antaranya, Bandung, Solo, Denpasar, Pekalongan dan Yogyakarta. « [teks @shintaasarass| foto @innesspw]

Share it