Penjualan Tablet Global Melonjak Karena Konsumen Jauhi PC

28

Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) melaporkan bahwa pengiriman tablet pada kuartal pertama tahun ini telah mencapai 49,2 juta unit, melampaui total untuk seluruh paruh pertama 2012. Kelompok riset mengatakan permintaan untuk perangkat tablet tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti, karena pengenalan iPad mini Apple membantu memicu ledakan permintaan.

“Permintaan berkelanjutan untuk iPad mini dan pengiriman komersial yang semakin kuat mendorong penjualan kuartal pertama lebih baik dari perkiraan untuk Apple,” kata analis IDC Tom Mainelli.

Meskipun pangsa pasar Apple turun menjadi 39,6 persen dari 58,1 persen setahun lalu, perusahaan tetap kokoh di puncak tangga penjualan tablet, mengirimkan 19,5 juta unit pada kuartal pertama. Penjualan Apple melebihi perkiraan analis 18,7 juta unit, IDC melaporkan. Vendor nomor dua Samsung juga mencatat penjualan lebih baik dari prediksi dengan 8,8 juta unit dibandingkan dengan 2,3 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.

IDC mengatakan Samsung telah memanfaatkan kekuatan telepon pintar Android-nya yang populer untuk membawa produk tablet ke pasar dan saluran-saluran baru. Lonjakan permintaan untuk komputer tablet muncul setelah penjualan komputer pribadi menukik 13,9 persen pada kuartal pertama 2013, menurut IDC yang dirilis awal April. Itu adalah penurunan year-on-year keempat kuartal berturut-turut untuk pengiriman PC, penurunan dikaitkan dengan “booming” pasar tablet dan telepon pintar.

Di tempat lain, ASUS membukukan jumlah penjualan tablet tertinggi ketiga (2,7 juta unit) berkat adanya perangkat Nexus 7, diikuti Amazon.com dengan 1,8 juta unit. Microsoft memasuki lima teratas untuk pertama kalinya dengan perangkat tablet Surface RT dan Surface Pro yang mencatat penjualan hampir 900.000 unit.

Share it