Perdagangan 2014 Diprediksi Positif

29

Seusai menemui delegasi US ASEAN Business Council di Jakarta, Rabu (13/11/2013), Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengungkapkan, “rasanya kita cukup optimis, tidak bisa membayangkan yang berlebihan”.

Bayu juga mengatakan, outlook perdagangan pada 2014 masih akan berada pada kinerja positif meskipun tidak mengalami pertumbuhan besar mengingat di tahun tersebut merupakan tahun untuk melakukan persiapan dan penyesuaian terhadap sistem produksi dan sistem perdagangan Indonesia.

Bayu mengungkapkan pendapatnya dari sudut kinerja ekspor, Indonesia harus mempersiapkan diri karena pada tahun 2015 akan mulai menuai hasil dari promosi pada 2014, kerja sama, dan diversifikasi pasar yang selama ini terus dilakukan Indonesia.

“Jika saat ini masih terbatas distribusi dan logistik Indonesia ke Amerika Latin dan Afrika, pada 2014 harus kita dorong karena di tahun 2015 kurvanya akan mengalami kenaikan,” Bayu menjelaskan.

Terkait dengan distribusi dan permasalahan logistik, lanjut Bayu, saat ini kita masih mengandalkan pelabuhan-pelabuhan seperti Tanjung Priok dan Tanjung Perak.

Namun, untuk kedepannya lanjut Bayu, harus lebih banyak lagi pelabuhan-pelabuhan yang mampu memfasilitasi ekspor maupun untuk perdagangan domestik.

Jadi, menurut Bayu, pada 2014 merupakan tahun konsolidasi untuk mempersiapkan pertumbuhan di waktu-waktu mendatang. Demikian kabar dari Antaranews.com.

Share it