Perdagangan Thailand-China Akan Meningkat Jadi 100 Miliar Pada 2015

13

Bangkok, 2/5 (Antara/TNA-0ANA) – Thailand dan China akan mengembangkan hubungan perdagangan mencapai nilai gabungan sebesar 100 miliar dolar AS dalam tiga tahun mendatang, kata Wakil Perdana Menteri Thailand/Menteri Luar Negeri Surapong Tovichackchaikul pada Rabu.

Surapong mengatakan, China tertarik untuk berinvestasi dalam pengelolaan sumber daya air dan pengembangan infrastruktur Thailand di bawah program pinjaman dua triliun Bath.

Dia mengatakan setelah pertemuan dua jam dengan timpalannya dari China, Wang Yi, bahwa kedua negara tertarik untuk bersama-sama mengembangkan jalur kereta berkecepatan tinggi di Thailand, sementara kerja sama pariwisata telah berhasil dengan menarik 2,8 juta wisatawan China mengunjungi kerajaan itu pada tahun lalu. Jumlah wisatawan China harus mencapai tiga juta tahun ini, katanya.

Wang Yi juga menginformasikan wakil perdana menteri Thailand bahwa China akan mengizinkan Lin Ping, panda China yang lahir di Thailand, untuk tinggal setelah perjanjian jangka pinjaman segera berakhir. Saat itu adalah waktu bagi panda untuk kembali ke China untuk kawin, tetapi China akan memungkinkan Ling Ping untuk tinggal lebih lama, katanya.

Dia menambahkan bahwa perwakilan dari Departemen Kehutanan China akan bertemu dengan Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Thailand untuk membahas masalah ini.

Share it