Piano, Warisan Mewah Cristofori

238

Bartolomeo CristoforiPiano masih menjadi alat musik yang mewah dan populer sejak Bartolomeo Cristofori menciptakannya lebih dari 300 tahun lalu.

Sekitar tahun 1700-an, seorang Italia, Bartolomeo Cristofori di Francesco mengembangkan alat musik bernama harpsichord menjadi instrumen yang lebih populer bernama Piano. Awalnya, Cristofori menamakan instrumen ini Arpicembalo. Namun, lama-kelamaan lebih dikenal sebagai piano merujuk pada perkataan Cristofori bahwa alat musik ciptaannya itu adalah gravicembalo col piano forte atau harpsichord yang dapat dimainkan dengan lembut dan keras.

Sejak lama, piano menjadi andalan para komposer ternama seperti Mozart atau Ludwig van Beethoven dalam menciptakan karya-karya masterpiece mereka. Namun, peran piano di dunia musik lebih dari itu. Kemewahan setiap denting nada yang dikeluarkan instrumen tersebut, membuatnya diterima di hampir setiap aliran musik. Mulai dari pop, R&B hingga musik rock banyak yang menggunakan piano.

Bahkan ketika kemajuan teknologi merambah dunia musik, piano tetap tak tergusur meski muncul instrumen-instrumen baru yang mengadopsi bentuk piano seperti synthesizer dan piano digital. Karakter akustiknya yang khas tak tergantikan meski synthesizer dan piano digital bisa diprogram untuk menghasilkan suara piano tradisional.  Alat musik ini juga dapat membedakan karakter masing-masing pemainnya.

“Sepuluh pianis akan menghasilkan nuansa yang berbeda meski memainkan piano yang sama. Ini yang membuat instrumen tersebut sangat khas,” ujar pianis dan musisi jazz Aaron Goldberg seperti dilansir Inc.com.

Bukan hanya dari suara yang dihasilkan, piano sebagai sebuah alat musik juga selalu identik dengan kemewahan. Dengan harganya yang mencapai puluhan juta hingga miliaran rupiah, bisa dikatakan harga piano lebih mahal dibandingkan dengan instrumen lainnya. Sebuah piano Steinway misalnya, harga jualnya bisa mencapai 100 ribu dolar atau sekitar Rp. 1,3 miliar.

Kemewahan lain dari sebuah instrumen piano adalah desainnya yang ekslusif. Terbuat dari kayu berkualitas tinggi, seringkali piano tak hanya dijadikan alat musik tapi juga bagian dari dekorasi interior ruangan. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai benda koleksi bernilai tinggi. Yang pasti, instrumen ciptaan Cristofori ini selalu membuat sebuah komposisi musik terdengar mewah. [foto: xboxnity.tk]

Share it