Picu Pertengkaran, Fitur Status “Online” di WhatsApp Kini Hadir di Indonesia

32

Status “online” di WhatsApp beberapa waktu lalu sempat dikeluhkan karena kerap kali memicu pertengkaran untuk beberapa orang. Namun, kini WhatsApp mulai merilis fitur untuk menghilangkan status “online ” dan sudah dapat dicoba di Indonesia.

Bagi beberapa orang, melihat status “online” di WhatsApp pengguna lain dapat menimbulkan kesalahpahaman. Bahkan, WhatsApp sempat mengalami error, dimana status terlihat masih “online” padahal pengguna sudah menutup aplikasi.

Hal ini dapat memicu pertengkarangan baik antara orang yang sedang berhubungan jarak jauh maupun karyawan dengan atasan. Semisal, status karyawan “online” tetapi tidak kunjung membalas pesan dari atasan.

Keluhan ini pun didengar oleh WhatsAPp yang mulai memperbaiki tampilan status “online”. Fitur  menyembunyikan status “online” ini dirilis pada bulan Agustus lalu untuk versi global.

Namun, kini fitur tersebut sudah dapat dinikmati oleh pengguna WhatsApp di Indonesia. Tetapi, fitur menghilangkan status “online” secara terbatas pada beta tester. Itu artinya, hanya beberapa orang ‘beruntung’ yang dapat fitur ini.

Jika Anda penasaran ingin mencobanya, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka “Setting” -> “Account” -> “Privacy”
  2. Pilih opsi “Last seen and online”
  3. Pada bagian “Who can see when I’m online”, pilih “Same as last seen”
  4. Jika Anda tidak membagikan “Last seen” pada orang lain, maka status “online” Anda juga tidak akan bisa dilihat oleh siapapun. Sebaliknya, jika Anda memilih opsi “My contacts” atau “My contacts except…”, maka status “online” Anda juga hanya akan terlihat sesuai dengan pilihan Anda pada bagian “Last seen”.
  5. Perlu diingat bahwa jika Anda memilih “Nobody” pada bagian “Last seen” dan status “Online”, maka Anda juga tidak bisa melihat “Last seen” dan status “online” pengguna lain.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it