Potensi Ekonomi Kelautan Indonesia 1,2 Trilun Dolar AS

568
ekomi

Produksi sektor ekonomi kelautan Indonesia adalah yang paling besar di dunia dengan potensi mencapai 1,2 trilun dolar AS per tahun. Hal ini sejalan dengan penjelasan Menteri Kelautan dan Perikanan, Rochmin Dahuri mengenai potensi industri kelautan Indonesia di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu kemarin.

 

“Potensi yang besar ini mampu menciptakan 40 juta lapangan kerja, artinya 1/3 angkatan kerja di Indonesia bisa bekerja di sektor ekonomi keluatan,” kata Rochmin.

Rochmin menambahkan, dengan besarnya potensi ekonomi kelautan Indonesia, maka negara tidak perlu lagi mengirimkan warganya untuk bekerja di luar negeri sebagai tenaga kerja.

Menurutnya, potensi tersebut dapat berhasil apabila lima input seperti keuangan (finance), infrastruktur, teknologi, tata kelola, dan reduksi kerusakan lingkungan dapat bersinergi dengan baik. 

“Saya kira lima tantangan itu, presiden terpilih kita sudah mempunyai program. Ada dua jurus yang kita siapkan menghadapi semua itu dan pada saat yang sama kita sudah punya konsep bagaimana memanfaatkan potensi pembangunan keluatan yang masih terbuka lebar,” kata Rochmin. 

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini mengatakan, masyarakat Indonesia harus mengapresiasi presiden terpilih yang dengan sangat tepat menjadikan sektor utama untuk ekonomi ril di tiga bidang yakni kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan kemajuan bidang ekonimi kelautan atau maritim. « [teks @shintaasarass | foto anneahira.com]

 

Share it