Presiden : KTT APEC di Bali Harus Lebih Baik

59

Seperti yang dilansir dari Setkab.go.id, dalam pengantarnya, Presiden SBY mengungkapkan, tahun 2011, APEC Summit dilaksanakan di Hawaii, Amerika Serikat. Tahun 2012 di Vladivostok, Rusia, tahun ini di Bali, dan tahun depan di Tiongkok. SBY mengatakan bahwa Indonesia harus memiliki tekad membuat pertemuan APEC di Bali sama baiknya bahkan lebih baik dibanding penyelenggaraan di negara-negara sahabat.

SBY juga mengungkapkan, terdapat dua kriteria keberhasilan; yaitu Sukses Materi, APEC jadi mata rantai upaya sedunia unt memulihkan ekonomi, dan sukses penyelenggaraan.

Presiden mengungkapkan Indonesia memiliki rekam jejak sebagai penyelengara kegiatan imternasional yang baik. Oleh sebab itu, Presiden meminta dalam penyelenggaraan KTT APEC, 7-8 Oktober 2013, hal tersebut harus dipertahanankan.

SBY terkesan dengan penyelenggaraan KTT APEC di Wladiwostok, tapi anggaran mereka sangat besar. Indonesia tak mungkin seperti itu. Presiden berujar, Indonesia bisa menampilkan penyelenggaraan APEC yang baik, berkesan, dan memberikan kenangan yang indah bagi para pemimpin APEC.

Presiden SBY mengajak panitia dan para pihak yang terlibat untuk menjadikan pertemuan APEC ini sebagai pertemuan terbaik yang pernah digelar. Presiden juga ingin para pemimpin dunia yang hadir dalam pertemuan ini menikmati keindahan Bali.

Kepala Negara juga mengatakan bahwa Gubernur dan jajaran pemda juga memiliki peran yang penting. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa dunia usaha, semua pihak harus bersatu dan bersinergi agar tugas ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Rapat Koordinasi Penyiapan APEC ini dihadiri sejumlah menteri terkait, di antaranya Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menlu Marty Natalegawa, Seskab Dipo Alam, Meperin MS Hidayat, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menkominfo Tifatul Sembiring, Kapolri Jendral Timur Pradopo, Panglima TNI Jendral Moeldoko, dan Ketua KEN Chairul Tanjung.

Share it