Presiden RI Beri Kuliah Umum di USMA

37
SBY pidato

 

Pada kesempatan tersebut, presiden menyampaikan kuliah umum yang mengangkat tema “Peran Militer dalam Dunia yang Berubah”. Presiden yang didampingi oleh ibu negara dan sejumlah pejabat negara lainnya memang diundang langsung oleh akademi militer terkemuka di dunia tersebut.

Saat tiba di United States Military Academy, rombongan kepresidenan disambut oleh Letjen Robert L Calsen Jr dan mendapat penghormatan militer dari jajar kehormatan kadet West Point yang membawa panji-panji West Point, bendera Amerika Serikat dan bendara Merah Putih. Tak lupa pula dikumandangkan lagu Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Amerika Serikat.

Presiden Yudhoyono memberikan sebuah cinderamata sebagai kenang-kenangan berupa patung prajurit TNI menggunakan baret biru dengan membawa senjata dan bendera Merah Putih. Patung tersebut menggambarkan kontribusi perdamaian internasional dan kerjasama yang kokoh dengan berbagai negara termasuk Amerika Serikat.

Sementara itu Calsen memberikan buku tentang West Point kepada Presiden. Demikian juga Ibu Negara Ani Yudhoyono memberikan kenang-kenangan kain batik dan buku mengenai batik pada Ny Calsen. Sebaliknya Ny Calsen memberikan kenang-kenangan berupa syal dari sutera dengan gambar khas gedung-gedung West Point. « [teks @shintaasarass | foto jakpro.id]

Share it