Presiden Terima Kunjungan Menhan AS

26

Seperti yang dilansir dari Antaranews.com, Presiden Republik Indonesia menerima Menhan Hagel pada pukul 14.00 WIB didampingi oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Seskab Dipo Alam dan sejumlah pejabat lainnya.

Diketahui sebelumnya, Hagel dalam pekan ini melakukan sejumlah kunjungan ke negara-negara di kawasan Asia. 

Pembicaraan dengan Presiden Yudhoyono dengan Hagel mendiskusikan isu-isu bilateral dan kawasan, terutama Asia Pasifik yang juga menjadi perhatian kedua negara. AS melihat kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan kawasan amatlah penting dan mengesankan.

Seperti yang dilansir dari Whatindonews.com, Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel menyampaikan hal tersebut dalam keterangan pers seusai diterima Presiden SBY, pukul 15.00 WIB. Menurut hagel pembicaraan diantara mereka tadi banyak terkait pada isu-isu Asia Pasifik karena isu ini memiliki efek bagi kedua negara, regional, maupun global.

Menurut Hagel, AS ingin terus memperkuat persahabatan Indonesia-AS. Ia mengungkapkan bahwa kerja sama Indonesia-Amerika Serikat sangat penting, kepemimpinan yang ditujukan Indonesia di ASEAN dan oraganisasi kawasan lainnya serta dunia bagi Hagel sangat mengesankan.

Juga mengungkapkan bahwa kawasan Asia Pasifik merupakan salah satu prioritas AS. Namun tidak berarti AS meninggalkan kawasan lain. Hagel menutup keterangannya dengan mengucapkan terima kasih kepada Presiden SBY untuk kepemimpinannya dan waktu yang dihabiskan untuk pihaknya beserta delegasi.

Diketahui juga setelah pertemuan dengan presiden, Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro dan Menhan Chuck Hagel bersama delegasi akan mengadakan pertemuan bilateral di kantor Kementerian Pertahanan, di jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Share it