Program Ekonomi Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta

74

Kedua pasangan tersebut kini sedang sibuk menggalang dukungan. Pada setiap kegiatannya itu, mereka juga memaparkan program-program apa saja yang dijalankan apabila mereka terpilih. Satu yang pasti, Jokowi – JK dan Prabowo – Hatta sepakat menjadikan Indonesia berdikari.

Di antara program-program yang dipaparkannya itu, berikut program mereka untuk menuju ekonomi Indonesia yang lebih baik yang telah disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum [KPU].

Jokowi dan JK

Pembangunan kualitas sumber daya. Kemudian membuat kedaulatan yang berbasis agribisnis kerakyatan, kedaulatan energi berbasis kepentingan nasional dan merancang strategi mengurangi subsidi BBM, serta menjaga penyediaan energi murah.

Membuat industri migas yang kuat dan tangguh. Serta merancang strategi mengatasi kelangkaan listrik dan penguasaan sumber daya alam melalui peningkatan jumlah pengusaha tambang nasional.

Memberdayakan buruh, mengkuatkan sektor keuangan berbasis nasional, dan penguatan investasi dengan bersumber pada investor-investor domestik.

Prabowo dan Hatta

Pembangunan pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan, koperasi dan usaha mikro kecil menengah serta industri kecil menengah.

Mendorong perbankan nasional dan lembaga keuangan lainnya untuk memprioritaskan kredit bagi petani, peternak, nelayan, buruh, pedagang tradisional, dan pedagang kecil lainnya. Juga mendirikan Bank Tani.

Melindungi dan memodernisasi pasar tradisional serta mengkonsolidasikan belanja negara untuk program pengembangan koperasi dan UMKM serta revitalisasi pasar tradisional.

Memperjuangkan hak-hak buruh termasuk buruh migran. [photo courtesy of kabar3.com dan beritaempata.com]

Also read:

Menggali wisata sejarah di Macau

13 hal penting wisata di Brasil 

Share it