Promosi Jokowi Berbuah Hasil, Jepang Investasikan Rp75,4 T di RI

150

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jepang untuk mempromosikan Indonesia sebagai ladang terbaik untuk berinvestasi membuahkan hasil. Beberapa perusahaan Jepang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia sebesar US$5,2 miliar atau Rp75,4 triliun.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Jepang salah satunya adalah mengenai kerja sama ekonomi serta perdagangan. Selain itu, Jokowi juga mempromosikan Indonesia sebagai salah satu tempat terbaik untuk berinvestasi.

“In short, kualitas baik, harga bersaing, itulah yang kita harapkan dan saya yakin Indonesia masih merupakan salah satu tempat investasi terbaik,” ungkap Jokowi.

“Tahun yang lalu (perekonomian) kami tumbuh 3,69 persen dan kuartal pertama tahun ini, Indonesia ekonominya masih tumbuh 5,01 persen year on year, inflasi juga bisa dijaga di 4,35 persen. Kemudian defisit fiskal juga cukup baik, saya kira tahun ini akan jatuh di bawah 4 persen,” jelasnya.

Disampaikan oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, mengungkapkan beberapa perusahaan tertarik untuk melakukan investasi di Tanah Air.

“Alhamdulillah perusahaan-perusahaan tersebut (perusahaan Jepang) telah menyampaikan minat dan rencana perluasan investasi mencapai US$5,2 miliar atau setara Rp75,4 triliun,” ungkap Bahlil, dikutip dari Antara.

Perusahaan Jepang yang tertarik untuk ‘tanam duit’ di Indonesia diantaranya Toyota Motor Corp di bidang kendaraan berbasis hybrid, Sojitz Corp di bidang proyek metanol bekerja sama dengan PT Pupuk Indonesia (Persero), dan Mitsubishi Corp di bidang industri otomotif.

Ada juga Mitsubishi Chemical Corp di bidang industri polyester film, Denso Corp yang ingin merelokasi usahanya dari AS ke Indonesia di bidang suku cadang kendaraan roda empat, Toyota Tsusho di bidang pengelolaan Pelabuhan Patimban,Sharp Corp di bidang pabrik AC, Inpex Corp di bidang industri migas, dan Kansai Electric Power di bidang industri pembangunan pembangkit listrik.

Direktur Utama Mitsubishi Chemical Group Corporation, Jean Marc Gilson mengatakan negara Indonesia menjadi salah satu pasar terbaik setelah lebih dari 30 tahun berbisnis Indonesia. Mitsubishi Chemical Corp berinvestasi di Indonesia sebesar US$156 juta.

“Grup perusahaan kami telah mengembangkan bisnis di Indonesia sejak 1991. Kami yakin Indonesia adalah pasar yang sangat menjanjikan,” ujar Gilson.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it