PU Kembangkan Energi Listrik Tenaga Gelombang Laut

250
pembangkit listrik air laut

 

“Energi terbarukan itu telah dikembangkan dan diujicobakan pada menara pantai,” kata staf Laboratorium Balai Pantai Kementerian PU, Yopi Andriyana, pada pameran teknologi atau “RITECH Expo” 2014 di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Senin.

Salah satu contoh yang sudah diterapkan yaitu pada mercusuar atau menara pantai yang terletak di wilayah Garut, Jawa Barat. Pada menara itu, tenaga lampunya sudah menggunakan energi gelombang laut.

Yopi menjelaskan bahwa percobaan ini sudah berlangsung selama dua tahun terakhir dan hingga kini masih dalam proses pengawasan langsung dari Balai Pantai Kementerian PU.

“Potensi energi gelombang di Indonesia sangar tinggi antara 2 hingga 5 meter. Hanya saja potensi tersebut belum banyak dimanfaatkan karena keterbatasan teknologi,” jelasnya.

Ia berharap apabila penelitian pertama pada mercusuar di wilayah Jawa Barat berhasil, teknologi itu akan dikembangkan ke seluruh wilayah Indonesia, hingga ke wilayah pemukiman. <<[Teks @shintaasarass | Foto ist]

Share it