Rafael Nadal Juara di AS Terbuka

34

Seperti yang dilansir dari Antaranews.com, diketahui Nadal (27) dapat menyandingkan pencapaiannya di AS Terbuka ini dengan pencapaian pada turnamen serupa tahun 2010. Dia tahun ini sudah meraih 10 gelar dan menciptakan rekor 60 kali menang dengan hanya tiga kali kalah.

Petenis berkebangsaan Spanyol ini juga berhak atas hadiah 3,6 juta dolar AS, dengan total hadiah yang dikumpulkan mencapai 60 juta dolar AS. Nadal mendekati rekor Roger Federer yang memenangi 17 turnamen besar dan hanya berselisih satu kemenangan di bawah Pete Sampras.

Dalam pertemuan ke-37 mereka, Nadal yang merupakan petenis nomor dua dunia dan baru kembali ke lapangan Februari lalu setelah tujuh bulan istirahat karena cedera, kini memimpin dengan rekor menang kalah atas Djokovic 22-15 saat menambahkan piala AS Terbuka pada piala Prancis Terbuka kedelapannya Juni lalu.

Seperti yang dikutip dari AFP, Nadal mengungkapkan bahwa pertanfingan tersebut sangat emosional. Semua anggita timnya tahu apa artinya kemengangan ini bagi Nadal. Nadal juga mengungkapkan bahwa Novak selalu membawa pertandingannya hingga ke titik nadir.

Nadal juga mengungkapkan bahwa Novak adalah pemain yang luar biasa, dan dia juga akan menjadi salah satu yang terbesar dalam cabang olah raga tenis.

Bagi Djokovic, kekalahan ini adalah yang paling menyakitkan pada setahun ini yang memulai dengan gelar Australia Terbuka keempatnya. Dia pun telah tampil untuk keempatkalinya di final AS Terbuka berturut-turut. Namun kemudian diikuti kekalahan pada semifinal Prancis Terbuka dari Nadal dan tersingkir pasda final Wimbledon dari Andy Murray.

Bagi publik ini adalah kontes yang akan selalu dikenang yang melambangkan atletisme yang menawan, sentuhan halus dan melelahkan, reli-reli yang brutal, yang salah satunya melepaskan 54 pukulan.

Djokovic kalah pada 11 dari 13 game terakhir dengan melakukan kesalahan fatal berupa 53 unforced error, sedangkan Nadal cuma 20.

Seperti dikutip dari AFP, Djokovic mengungkapkan bahwa Rafa terlalu bagus, dan dia jelas pantas menang hari ini. Djokovic juga mengaku kecewa kalah pada pertandingan seperti ini namun adalah kehormatan besar baginya dapat bertempur demi piala tersebut.

Share it