Rayakan Festival di Barcelona

51

Ingin merasakan sensasi yang berbeda dari kota kandang klub sepak bola Barcelona? Cobalah untuk mengunjungi tempat ini pada saat festival-festival besar. Kota penuh dengan warna ini cenderung untuk merayakan beberapa hari besarnya dengan cara yang berbeda. Salah satu festival besar mereka adalah La Merce.

Bermula dari tahun 1218, pada saat terjadinya perang atas nama agama, sosok Virgin of Mercy, seorang wanita yang menjadi simbol pelindung dalam kepercayaan Katolik, telah menampakkan dirinya untuk membebaskan Raja James I dari Aragon, juga melepaskan Santo Petrus dan Santo Nolasco Raymond dari Penyafort. Dia telah memberikan perintah kepada tiga tokoh itu untuk membebaskan para biarawan Kristen yang telah disandera oleh Saracen.

Tidak sampai di situ saja, beberapa abad kemudian, Virgin of Mercy, telah kembali untuk menyelamatkan kota dnegan membasmi hama belalang yang sering membuat warga lokal kelaparan. Oleh karena jasanya itulah, ia mendapat gelar sebagai Patron Saint of Barcelona. Untuk memperingati jasanya, setiap 24 September, Barcelona selalu mempersiapkan diri untuk sebuah pertunjukan besar. 

Pada festival ini masyarakat Barcelona akan mempertunjukkan Correfoc, Castellers dan Gigantes. Untuk pertunjukkan Correfoc, Anda akan dipukau oleh pertunjukkan kembang api yang dinyalakan dari hidung patung naga, dan membuat seolah-olah si naga menyemburkan api. Pertunjukan ini diadakan di berbagai tempat seperti Porta Cambo, Avenida Francesc Cambo, Plaza de Antoni Maura, Via Laietana, Plaza de Antoni Lopez dan Consolat de Mar. Untuk mencegah terjadinya kebakaran cobalah untuk mengenakan pakaian yang tidak mudah terbakar. Bila Anda ingin melihat dari jarak lebih dekat, jangan lupa untuk menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda. 

Berbeda dengan Carrefoc, Castellers adalah sebuah pertunjukkan yang menunjukkan susunan manusia yang berdiri antara satu dengan lainnya sehingga terlihat seperti sebuah menara tinggi. Untuk pertunjukkan ini, Anda bisa melihatnya di Placa de Sant Jaume.

Pertunjukkan terakhir adalah Gigantes yang berlokasi di Plaza de la Merce, Barcelona Cathedral, dan Plaza de Sant Jaume, dimana pertunjukkan ini serupa dengan ondel-ondel di Indonesia. Yang membuatnya berbeda adalah patung-patung raksasa dalam Gigantes telah dihias menyerupai raja, ratu serta tokoh-tokoh publik yang berpengaruh pada masyarakat.

Sumber: First Priority

Share it