Ridwan Kamil Buktikan Mobil Listrik Lebih Irit 6 Kali Lipat Dibanding Konvensional

95

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik yang lebih irit ketimbang kendaraan konvensional atau bahan bakar minyak. Hal ini dibuktikannya dengan perbandingan enam kali lipat lebih murah mobil listrik.

Kendaraan listrik disebut lebih irit serta ramah lingkungan ketika dibawa jalan. Masyarakat disarankan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk mulai memilih kendaraan listrik.

“Kalau punya duit ada rezeki, mau beli mobil atau sepeda motor, pilihlah mobil, atau sepeda motor listrik,” kata Ridwan Kamil di Indramayu, Kamis (15/9/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengungkapkan selalu menggunakan kendaraan listrik saat berada di Bandung. Ridwan Kamil sudah tidak lagi menggunakan mobil konvensional dikarenakan lebih ramah lingkungan.

Selain ramah lingkungan, kendaraan listrik menurut Kang Emil lebih irit dari segi biaya pemakaian. Kang Emil menceritakan jika ongkos pengeluaran saat menggunakan mobil listrik per 300 kilometer hanya membutuhkan biaya Rp 50 ribu.

Dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin, pengeluaran bisa mencapai enam kali lipat. Selain itu, manfaat menggunakan kendaraan listrik juga tidak menimbulkan polusi, baik suara, maupun udara.

“Kalau mobil listrik itu, untuk 300 kilometer kalau harus bayar hanya Rp 50 ribu, kalau bensin bisa Rp 300 ribu. Sudah hemat, tidak ada suara, dan polusi,” katanya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it