Silicon Valley Versi Indonesia Akan Berlokasi di Cikarang

60

Cita-cita Indonesia untuk membangun konsep seperti Silicon Valley atau lingkungan komunitas perusahaan teknologi AS, akan segara terwujud. Lokasi pembangunan kawasan pusat pengembangan inovasi dan teknologi, seperti Silicon Valley akan berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Konsep Silicon Valey ini merupakan hasil bekerja sama perusahaan properti PT Jababeka Tbk dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indogen Capital, dan Edu Tech BISA AI, yang groundbreaking-nya dilakukan pada 29 Juli 2022.

“Untuk mewujudkan Indonesia 4.0, PT Jababeka. Tbk berkomitmen untuk menciptakan lingkungan serta ekosistem yang mendukung, agar seluruh stakeholders dapat memanfaatkan teknologi dengan berkelanjutan dan efisien,” ujar Tjahjadi Rahardja, Direktur utama Jababeka Infrastruktur, dilansir dari CNNIndonesia.com.

Nantinya, kawasan Cikarang akan dijadikan kawasan berdirinya perusahaan-perusahaan startup di Indonesia. Hal sama seperti Silicon Valley di Amerika Serikat, yang menjadi kawasan berdirinya perusahaan-perusahaan raksasa teknologi dunia seperti Youtube, Google, Facebook, hingga Apple.

“Untuk menjadikan proyek ini sebagai the next Silicon Valley di Indonesia, salah satu langkah yang kami lakukan adalah bekerjasama dengan BRIN. Hal ini menjadi bentuk stimulus bagi startup serta perusahaan di sekitar kawasan Jababeka agar mampu melahirkan inovasi-inovasi baru berbasis riset dan data,” ujar Agung Wicaksono Direktur Jababeka Infrastruktur.

Silicon Valley di Amerika Serikat sendiri menjadi tempat bernaungnya perusahaan ternama impian anak muda. Pasalnya, dimana lagi dalam satu kawasan dapat menemui tempat berkumpulnya orang-orang di balik bisnis besar yang menguasai hampir seluruh dunia.

Diharapkan adanya Silicon Valley versi Cikarang ini akan menjadi pusat riset dan pengembangan (R&D) serta pengembangan sumber daya manusia di masa depan.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it