Stoner Dikukuhkan Menjadi Legenda MotoGP

22

Usai menjalani balapan terakhir di MotoGP Valencia pada musim 2012 lalu, Stoner sudah dinominasikan untuk meraih penghargaan tersebut. Stoner memutuskan pensiun di usia 27 tahun, setelah memenangi dua gelar juara dunia bersama Ducati (2007) dan Honda (2011).

Seperti yang dikutip dari MCN oleh Detik.com, otoritas MotoGP sudah memastikan kalau Stoner bakar menerima status MotoGP Legend tersebut saat digelar MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (20/10/2013) akhir pekan ini. Dia akan menjadi orang Australia ketiga yang dapat penghargaan serupa setelah Mick Doohan dan Wayne Gardner.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan bahwa terakhir kali dirinya melihat Stoner adalah saat di Valencia di atas podium dan pihaknya bertanya kepada pebalap Australia tersebut apakah pihaknya bisa menominasikan dirinya sebagai MotoGP Legend dan saat itu dia bilang itu akan menjadi kehormatan besar.

Ezpelata juga mengungkapkan bahwa dirinya menaruh banyak hormat pada Stoner, karena telah menjadi salah satu rider terbaik di MotoGP. Menurut Ezpelata, kemampuan Stoner luar biasa dan dia  telah melakukan sesuatu yang spesial dengan menjadi juara dunia dua kali di dua pabrikan perbeda, Ducati dan Honda. Oleh karena itu dia layak menjadi legenda MotoGP.

Stoner telah berlaga sebanyak tujuh musim di kelas MotoGP. Dalam kurun tersebut dia tercatat menjalani 115 balapan, meraih 38 kemenangan, 69 kali naik podium, merebut 39 pole dan mencatatkan 29 fastest lap. Secara keseluruhan dia mengoleksi 1815 poin.

Share it