Target Indonesia Jadi Produsen Pulp dan Kertas di Dunia

147
industru pulp dan kertas

 

“Potensi pulp dan kertas jika dilihat dari sisi pasar, bahan mentah dan sumber daya manusia yang semuanya sangat berlimpah. Tak salah jika kami menargetkan pada 2025 Indonesia mampu masuk menjadi tiga besar dunia produsen pulp dan kertas,” Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Soesanto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (4/12).

Dalam keterangannya, Panggah juga turut memohon kepada para pelaku agar dapat memilih insentif pajak. Pilihannya dapat berupa tax allowance (pajak penghasilan) atau tax holiday (keringanan pajak).

Panggah mengatakan posisi kompetitif industri pulp dan kertas hanya kurang dalam satu bidang yakni peralatan dan mesin-mesin, masih banyak perlu diimpor. Ia melihat hadirnya pameran pulp dan kertas internasional di Jakarta Convention Centre (JCC) ini bisa menjadi hal positif untuk mendorong bergeliatnya industri ini di Indonesia.

“Tentunya kami menginginkan supaya industri juga bisa menggunakan mesin-mesin dan teknologi dari dalam negeri,” ujarnya. « [ teks @shintaasarass| foto agro.kemenperin.go.id]

Share it