Ternyata Ada Bakteri Terbesar di Dunia yang Bisa Dilihat Kasat Mata

69
Ternyata Ada Bakteri Terbesar di Dunia yang Bisa Dilihat Kasat Mata

Bakteri pada umumnya harus diliat menggunakan bantuan mikroskop. Namun, tahukah Brava Listeners bahwa terdapat bakteri raksasa yang biisa dilihat secara kasat mata? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bakteri bernama latin Thiomargarita magnifica (T.Magnifica) itu berhasil ditemukan di rawa bakau di Karibia oleh para Ilmuan. Melansir Science Alert, sejauh ini T. magnifica menjadi yang terbesar yang pernah ditemukan. Bakteri itu memiliki ukuran 5.000 kali lebih besar dari kebanyakan bakteri, dan 50 kali lebih besar dari semua bakteri raksasa lainnya yang pernah diketahui.

Ternyata Ada Bakteri Terbesar di Dunia yang Bisa Dilihat Kasat Mata

Nama Magnifica diambil dari kata Latin yang memiliki arti besar dan kata Prancis magnifique. Bakteri tersebut memiliki panjang satu sentimeter dan pertama kali ditemukan di salah satu pulau hijau subur Guadeloupe pada tahun 2009.

Awalnya peneliti mengira masuk ke dalam spesies eukariotik karena ukurannya sangat besar. T. magnifica ditemukan oleh Profesor Biologi Kelautan, Oliver Gros yang sedang mencari bakteri yang menggunakan belerang untuk menghasilkan energi.

Ternyata Ada Bakteri Terbesar di Dunia yang Bisa Dilihat Kasat MataSang peniliti melihat sesuatu aneh ketika dia memasukkan sampel air rawanya ke dalam cawan. Benang tipis ‘mirip bihun’ yang terlihat dengan mata telanjang melayang di atas dedaunan dan tanah. Kemudian T. magnifica diteliti menggunakan fluoresensi, sinar-X, mikroskop elektron, dan pengurutan genom. Para peneliti dapat memastikan bahwa spesies itu sebenarnya adalah bakteri sel tunggal raksasa.

Sebagai informasi, bakteri termasuk dalam kelompok organisme yang disebut prokariotik, yang secara tradisional dianggap sebagai “kantong enzim yang tidak terbagi” tanpa membran internal untuk dipisahkan atau materi genetik.

Ternyata Ada Bakteri Terbesar di Dunia yang Bisa Dilihat Kasat MataNamun T. Magnifica  mematahkan anggapan itu dengan memiliki membran internal untuk menyimpan DNA dan ribosom.  “Karena memisahkan materi genetiknya dalam organel yang terikat membran, T. magnifica menantang konsep kita tentang sel bakteri,” tulis para penulis penelitian yang terbit d Jurnal Science.

Uniknya bakteri T. magnifica hanya melepaskan sebagian kecil dari dirinya sendiri untuk membuat sel anak. T. magnifica juga memiliki genom yang jauh lebih besar daripada bakteri lain, yakni 11.788 gen dibandingkan dengan 3.935 gen untuk rata-rata prokariota.

Baca Juga: FIFA Terapkan 5 Aturan Baru Dalam Piala Dunia Qatar 2022

Dengan penemuan tersebut peneilit mennyimpulkan bahwa ada bakteri raksasa lain yang masih tersembunyi dan belum diketahui.

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it