Ternyata Stress Memiliki Manfaat

41

 

Namun menurut penelitian Jacob Teitelbaum, MD, direktur medis dari Fibromyalgia and Fatigue Centers, Stres merupakan hal yang menyehatkan, karena memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani hidup. Tanpa itu Anda tidak akan memiliki energi yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan.

Perasaan cemas memicu reaksi untuk melepaskan kortisol dan adrenalin agar yang dapat mendorong Anda untuk bereaksi. Berikut manfaat yang bisa didapat dari stress:

1.Stress Mencegah Flu

Stres dapat membantu sistem kekebalan tubuh dengan cara mengatur kelenjar adrenal. Kelenjar itu dapat bantu memproduksi kortisol, anti-inflamasi dalam merespon penyebab stress secara emosional atau fisik sehingga Anda dapat memanfaatkan cadangan energi dan melawan infeksi.

2.Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi

Perubahan bilogis yang terjadi selama stress jangka pendek merupakan cara otak untuk menyiapkan tubuh untuk sesuatu yang menimbulkan stres atau sesudahnya,” menurut Firdaus Dhabhar, PhD, direktur penelitian di Stanford University Center. Tindakan operasi seringkali membuat seseorang menjadi stress. Tapi stress tersebut dapat membantu lebih cepat sembuh.

3.Meningkatkan Ikatan Antar Sesama

Menurut Kathleen Hall, PhD, dari The Stress Institute and The Mindful Living Network, stress yang tidak berkepanjangan telah terbukti dapat meningkatkan tingkat oksitosin, atau biasa disebut hormon kedekatan atau hormon bonding. 

4.Meningkatkan Ingatan

Saat stress ada efek dari hormon yang menuju prefrontal cortex (suatu area di dalam otak yang mengendalikan kognisi dan emosi). Aktivitas tersebut dapat meningkatkan cara memori bekerja serta membuat otak lebih cepat dalam memecahkan masalah.

 

Jadi, ketika Brava Listener sedang merasa tertekan karena pekerjaan atau masalah yang sedang dihadapi, mungkin kesehatan Anda saat itu sedang dalam kondisi terbaik.

 

Sumber: wolipop.com

Share it