The Captain – Arnes Lukman, Director & Chief Corporate Affairs Officer PT Plaza Indonesia Realty Tbk.

1649
The Captain - Arnes Lukman Director Chief Corporate Affairs Officer PT Plaza Indonesia Realty Thursday November 6th 2014

Perbincangan kali ini diawali dengan pembahasan terkait persaingan dalam bisnis pengelolaan mall. Namun terkait hal ini, Arnes menjelaskan bahwa dalam bisnis ini, pihaknya dan pihak pengelola yang lain lebih berfokus untuk saling bersinergi ketimbang bersaing. “Dalam bisnis pengelolaan mall sebenarnya kami tidak saling bersaing, tetapi lebih bersinergi satu sama lain,” ungkapnya.

Permasalahan dalam bisnis pengelolaan mall pun menjadi salah satu topik menarik dalam perbincangan kali ini. Kemacetan disekitar PI pun tak luput dari pembahasan. Terkait hal ini, Arnes mengungkapkan bahwa tentang kemacetan yg sering terjadi di kawasan PI dan Grand Indonesia (GI), pihaknya sudah bertemu dengan manajemen GI membicarakan hal ini.”Kami dan GI sudah memiliki ide yang sama untuk mengurai traffic di sana. Semoga nantinya bisa menambah kenyamanan berbelanja,” ucapnya.

Selain itu, terkait kebijakan pemerintah tentang moratorium pembangunan mall, Arnes mengungkapkan bahwa pihaknya sepakat dengan pemerintah. Karena jika tidak dibatasi, menurutnya pembangunan mall tidak bisa terkontrol dengan baik. “Kami sepakat dengan kebijakan moratorium pembangunan mall, karena kalau tidak dibatasi malah lebih repot,” ucapnya.

“Namun, di satu sisi tempat hiburan di Jakarta masih kurang. Apapun tempat hiburan yang baru buka pasti ramai dikunjungi,” lanjutnya.

Untuk mengatasi kekurangan tempat hiburan di Jakarta, diketahui pemerintah bekerjasama dengan pihak swasta membentuk konsorsium penataan kembali wilayah Kota Tua. Arnes menyampaikan bahwa pihaknya pun ikut serta dalam konsorsium tersebut. “Kami juga menjadi salah satu dari 9 perusahaan yang membentuk konsorsium untuk menata kembali Kota Tua,” ungkapnya.

Arnes juga menjelaskan bahwa dalam kesepakatan konsorsium itu, pihaknya berperan mencarikan tenant yang akan mengisi Kota Tua. Sedangkan pemerintah melalui BUMN, berperan untuk membenahi wilayah tersebut. “Pada 2015, kami berharap BUMN yang punya tempat di Kota Tua untuk membenahi tempatnya, setelah itu kami carikan tenant-nya,” jelasnya.

 

Business In 3 Words: “People, Profit, & Progression.” -The Captain Arnes Lukman, Director PT Plaza Indonesia Realty Tbk.

Share it