The Captain : David Lee Carden – United States Ambassador to ASEAN

49

Sebagai Duta Besar AS pertama untuk ASEAN, David Carden mengatakan bahwa misi AS untuk ASEAN disusun sedemikian rupa agar sejalan dengan agenda ASEAN sendiri. Agenda ini mencakup inagurasi ekonomi pada tahun 2015, termasuk di sektor keamanan, politik, dan sosial budaya. 

Kerjasama ASEAN-AS juga difokuskan pada pendidikan, tanggap bencana, hukum, keamanan pangan & air, hak asasi manusia, masalah penyakit, pendidikan, fasilitasi perdagangan, dan teknologi.

Tepat tahun lalu, hubungan ASEAN-AS telah terjalin selama 35 tahun dan semakin erat, menurutnya. Tapi di samping itu, Duta Besar AS untuk ASEAN ini juga mengingatkan akan perlunya kedua belah pihak menghargai dinamika di dalam sebuah hubungan, terutama seiring dengan adanya keinginan ASEAN untuk lebih mengembangkan potensinya.

Di luar dari diskusi serius di episode The Captain kali ini,  sosok politikus ini ternyata sudah 20 tahun menjadi partner golf Presiden Barak Obama di waktu luang mereka. Pria yang pernah mengukir karirnya sebagai seorang pengacara di firma hukum internasional, Jones Day, New York, ini juga bercerita bahwa ada 4 Senator yang mensponsori terbentuknya jabatan Duta Besar untuk ASEAN di bulan Mei 2006. Dua di antaranya adalah Presiden Obama sendiri saat beliau masih menjabat sebagai Senator dan John Kerry yang kini menjabat sebagai Secretary Of State. 

“Business in 3 words, Interest, Inovation, & Energy.” -David Lee Carden

Share it