The Captain – Dr. Claus Weidner, President dan CEO PT Mercedes-Benz Indonesia

272

Pria yang memulai karirnya di Jerman ini mengungkapkan bahwa salah satu hal terpenting baginya dalam melaksanakan bisnis adalah untuk dekat dengan pasar dan memahamaminya. Bahkan terkadang menurut Weidner, dalam merencanakan berbagai strateginya dalam menjalani bisnis, para pelaku bisnis harus menebak hal apa yang terbaik untuk dijalankan.

Ketika ditanya tentang keunikan masing-masing pasar di Eropa dan Asia, Weidner mengatakan bahwa pasar tidak dapat dikelompokkan menjadi dua daerah besar. Karena menurutnya, setiap negara memiliki keunikan masing-masing yang spesifik. Meskipun Mercedes-Benz memiliki portofolio produk yang hebat, lanjut Weidner, pihaknya tetap harus mencoba untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Seperti yang diketahui, perekonomian Asia kini sedang berkembang menjadi kekuatan ekonomi baru, Leonardo pun menanyakan pendapat Weidner terkait hal tersebut. Ia membenarkan pernyataan tersebut, dan mengungkapkan bahwa keadaan Asia yang tengah berkembang ini merupakan suatu signal baik bagi Mercedes-Benz yang memiliki basis pelanggan yang loyal dipenjuru Asia.

Leonardo juga menanyakan tentang strategi yang diterapkan Weidner untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kompetisi bisnis mobil mewah. Weidner mengatakan bahwa mencoba untuk melakukan yang terbaik bukan merupakan suatu rahasia, karena menurutnya perbedaan terdapat dalam manajemen untuk menangani pelanggan.

Selain itu, Weidner mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara yang sangat menjanjikan. Untuk memenangkan hati pasar Indonesia, menurut Weidner, yang terpenting adalah pemilihan produk yang tepat. Karena terget Mercedes-Benz, menurut Weidner, adalah untuk meningkatkan pasar premium di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi dengan penanganan dan pilihan produk yang tepat.

Di penghujung pertemuan, Weidner sempat mengungkapkan bahwa hal terbaik yang dapat dilakukan dalam bisnis adalah untuk mengembangkannya kearah yang lebih baik dan menjanjikan. 

“Business in 3 words: Challenging, Enticing & Fun.” -Dr. Claus Weidner

Share it