The Captain – Fauzi Ichsan, Managing Director Standard Chartered Bank

627
The Captain - Fauzi Ichsan Managing Director Standard Chartered Bank October 9th 2014

Perbincangan dengan pria yang memiliki cita-cita saat kecil menjadi seorang seniman ini, sempat membahas tentang benang merah antara seni dan ekonomi. “Kesenian, filosofi, dan filantrofi adalah puncak dari suatu kebudayaan yang dibangun dengan pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

“Tanpa nilai itu, ekonomi adalah integrasi modal yang tidak manusiawi,” lanjut Lulusan London School of Economic ini menjelaskan.

Selama mememimpin Standard Chartered, pria yang akrab disapa Ozi ini menjelaskan bahwa dirinya bekerja bersama-sama dengan timnya. “Di dunia modern sekarang ini, kita tidak bisa one man show, semua adalah pekerjaan tim,” ucapnya.

Ozi pun menjelaskan bahwa salah satu hal yang terpenting saat membangun sebuah tim adalah ketika memilih anak buah. “Sewaktu kita memilih anak buah, kita sudah menyaringnya. Sewaktu dia bekerja berikanlah kepercayaan atau motivasi agar dia bisa menggalang potensinya,” jelasnya.

Pembicaraan pun berlanjut dengan pembahasan terkait kurs rupiah terhadap dollar. Ozi pun menjelaskan bahwa “idealnya kurs dollar terhadap rupiah sekarang berada di 11.000, tetapi ada beberapa faktor yang membuat rupiah terpuruk.”

Beberapa faktor tersebut, menurutnya, antara lain karena Indonesia masih menghadapi masalah subsidi BBM dan defisit neraca transaksi berjalan. “Neraca transaksi berjalan Indonesia surplus US$2 miliar pada tahun 2011 menjadi defisit US$28 miliar pada tahun 2013,” jelasnya. Menurutnya, hal-hal inilah yang seharusnya diatasi terlebih dahulu untuk menanggulangi keterpurukan rupiah.

Selain itu, diujung perbincangan, Leo sempat menanyakan tentang kepada Ozi tentang lagu favoritnya yang memiliki kenangan tersendiri dengan orang terkasih. Ozi pun menjawab, “lagu yang saya pakai untuk merayu istri saya waktu jaman pacaran dulu adalah (I’m Gonna Be) 500 Miles dari The Proclaimers,” jawabnya seraya tersenyum.

 

Business In 3 Words: “Laba, Gaji & Kesejahteraan.” -The Captain Fauzi Ichsan, Managing Director Standard Chartered Bank

Share it