The Captain – Ferial Fahmi, Associate Director Sucorinvest Management

288

Jika membicarakan tentang bisnis otomotif di Indonesia yang cukup berkembang, Ferial Fahmi merupakan sosok yang memimpin dibalik kesuksesan Chrysler Indonesia. Ia berhasil membawa Chrysler Indonesia menjadi perusahaan yang bertaraf Internasional.

Akan tetapi uniknya, sebelum Ferial masuk ke dunia bisnis otomotif dan jasa keuangan, ia pernah aktif berkecimpung dalam bisnis real estate, dan perbankan. Baginya, semua bisnis memiliki kesamaan, yakni sama-sama berdasarkan rumusan “how to sell”.

Meski demikian, menurut pria yang juga pernah terjun kedalam bisnis hiburan ini, kadang tantangan yang harus dihadapi adalah jika diharuskan untuk menciptakan pasar itu sendiri. Akan tetapi menurutnya, selama masih dalam urusan bisnis, baginya semua hal dapat diusahakan.

Ketika menghadapi dunia investasi di Indonesia yang memang sedang bergejolak, Ferial mengungkapkan bahwa menurutnya ini adalah hal yang biasa. Menurut Ferial, semua pihak yang bersangkutan tidak perlu bersikap berlebihan

Berkaitan dengan dunia investasi, ia pun sempat membuat sebuah jargon yang berbunyi, “Dicari Satu Juta Investor”. Acara dari jargon tersebut bertujuan untuk membantu peran pemerintah dalam mengedukasi masyarakat tentang pasar modal Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah investor di Indonesia.

Ferial juga mengungkapkan harapan yang berkaitan dengan berbagai kebijakan pemerintah terkait dengan dunia investasi. Menurut Ferial, seharusnya pemerintah dapat lebih gencar mengedukasi masyarakat tentang dunia investasi. Ferial melanjutkan, pemerintah seharusnya juga bisa menyiapkan early warning bagi masyarakat pasar modal untuk menghadapi apa saja yang dapat terjadi dalam perekonomian Indonesia.

Ferial mengungkapkan bahwa baginya kunci sebuah kesuksesan dalam dunia bisnis adalah dengan mencintai pekerjaan itu dan mengembangkan networking seluas mungkin. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dirinya tidak menganggap karyawan yang bekerja untuknya sebagai bawahan, tapi ia menganggapnya sebagai partner.

Di akhir perbincangan, Ferial mengungkapkan bisnis dalam 3 kata menurutnya adalah, “Just Do It”.

Share it