The Captain – Hendra B. Sjarifudin, Co Founder & President Director of PT Kenari Djaja Prima

1035
The Captain - Hendra B. Sjarifudin Co Founder President Director of PT Kenari Djaja Prima

Perbincangan dengan pria yang dijuluki oleh sebagian orang sebagai ‘raja kunci’ ini berawal dengan pertanyaan tentang filosofi bisnis. “Filosofi bisnis saya hanya sederhana, menjadi yang terbaik dalam bidang yang saya jalani,” ungkapnya menjelaskan.

Seperti yang diketahui, PT Kenari Djaja Prima adalah perusahaan yang fokus mengurusi segala produk yang menempel di pintu, terutama kunci. Perusahaan yang telah berdiri sekitar 49 tahun ini, juga dikenal hanya menjual kunci yang berkualitas untuk segmen atas. Oleh karena itu, di Kenari Djaya tidak akan ditemukan kunci yang harganya murah.

Jadi menurut Hendra, filosofi yang paling dasar dalam menjalankan bisnis yang kini perkembangannya dapat dikatakan mempelopori perubahan di pasar kunci di Indonesia, adalah fokus untuk menjadi yang terbaik dibidangnya.

Meski demikian, ia melanjutkan, dalam berbisnis, “fokuslah dalam bidang yang kita jalani, namun jangan sampai menjatuhkan saingan atau orang lain,” ungkapnya menjelaskan.

Fokus dalam menjalankan bisnis disini, menurut Hendra, tidak hanya menjadi yang terbaik dibidangnya, namun tetap harus menjaga persaingan yang sehat sesama pebisnis. “Biarkan orang lain maju, tetapi kita harus bisa sepuluh langkah lebih dulu di depan mereka,” jelasnya.

Diakhir perbincangan, Leo sempat menanyakan tentang kegiatan apa yang dilakukannya di waktu luang. Ternyata jawabnya sederhana, yaitu bermain bersama cucu. “Kebahagiaan bermain bersama cucu tidak bisa dinilai dengan uang,” ungkapnya.

 

Business In 3 Words: Jaringan, Kejujuran, & Kerja Keras.” -The Captain Hendra B. Sjarifudin, Co Founder & President Director of PT Kenari Djaja Prima

Share it