The Captain – Judo Suwidji, Managing Director Javabooks Periplus Indonesia

559
The Captain - Judo Suwidji Managing Director Javabooks Periplus Indonesia

Perbincangan kali ini dibuka dengan pembahasan terkait harga buku di Indonesia. Menurut Judo, harga buku di Indonesia masih cukup tinggi mengingat kebijakan pemerintah tentang penerapan pajak terhadap buku impor. “Harga buku di Indonesia masih cukup tinggi karena ada penerapan pajak terhadap buku impor,” ucapnya.

“Saya harap semua buku impor bisa bebas pajak, agar buku-buku sebagai jendela dunia bisa terjangkau semua kalangan,” lanjutnya. Padahal menurutnya, sejak awal tahun 2000, minat baca masyarakat terhadap buku-buku impor mengalami mengalami peningkatan. “Sejak tahun 2000 awal, minat pembaca lokal untuk membaca buku-buku asing semakin meningkat,” ucapnya.

Periplus juga terkenal dengan harga bukunya yang lebih murah jika dibandingkan dengan toko buku impor lainnya. Terkait hal ini, Judo juga sempat mengungkapkan bahwa Periplus memiliki strategi untuk menekan biaya lain-lain yang dapat membuat harga buku impor semakin mahal. “Buku-buku di Periplus lebih murah daripada toko buku impor lain atau di Singapura, karena kami berhasil menekan biaya lain-lain,” jelasnya.

Judo juga menjelaskan bahwa harga kertas dengan kualitas yang paling bagus di Indonesia pun memiliki harga yang lebih murah dibanding di Singapura. Bahkan, menurutnya “harga kertas Indonesia dengan kualitas premium yang dijual di Singapura lebih murah daripada kertas kelas dua yang dijual di dalam negeri.”

Seperti diketahui, kini dunia digital sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat. sehingga berdampak pula terhadap pengurangan penggunaan kertas yang dialihkan dalam bentuk digital. Terkait hal ini, Judo mengungkapkan bahwa kini Periplus tengah mengembangkan toko buku online yang akan diisid dengan ribuan judul buku. “Periplus sedang mengembangkan toko buku online dengan 20 juta judul buku, seperti menggabungkan Amazone US dan UK,” ungkapnya.

Diujung perbincangan, sebagai pemimpin perusahaan yang menjual buku, Fika sempat menanyakan buku terkahir yang sedang dibaca oleh Judo. “Buku terakhir yang saya baca adalah The Intel Trinity, yang bercerita tentang tiga sosok dibalik kesuksesan Intel,” ucapnya.

 

Business In 3 Words: “Creative, Tough & Working hard”. – The Captain Judo Suwidji, Managing Director Javabooks Indonesia

Share it