The Captain Special Woman on Top – Lily Widjaja, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia

425

Entah apa yang menariknya hingga bisa masuk ke dalam dunia pasar modal, wanita ini memulai karirnya ketika pasar modal baru berkembang di Indonesia. Perjalanan karirnya, dapat dikatakan seiring dengan perkembangan pasar modal.

Lily pun berbagi tentang pandangannya tentang antusiasme masyarakat Indonesia terhadap dunia pasar modal dan perkembangannya di masa yang akan datang.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia ini menjelaskan bahwa tingkat literasi keuangan di sektor pasar modal masih sangat rendah di masyarakat Indonesia. “Dari hasil survei OJK, hanya 4 dari 100 responden yg tahu, terampil serta memiliki kepercayaan diri untuk menggunakan jasa dan produk pasar modal,” jelas Lily.

“Sedangkan dari segi utilitasnya, untuk pengguna produk pasar modal, hanya 1 dari 1000 responden yang menjawab memakai produk dan jasa pasar modal,” lanjut Lily terkait survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan tersebut.

Dari kedua segi tersebut, Lily mengungkapkan bahwa “pekerjaan rumah”-nya masih sangat banyak terkait antusiasme masyarakat terhadap pasar modal. Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia pun juga sudah melakukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pasar modal dengan bekerjasama dengan otoritas terkait ataupun regulator, misalnya Bursa Efek Indonesia.

“Bersama OJK, kami terlibat dalam kelompok kerja dalam rangka edukasi dan kampanye nasional untuk literasi keuangan,” ungkap Lily.

Selain itu, diketahui investor domestik di Indonesia tercatat masih lebih rendah dibanding negara ASEAN lainnya. Terkait hal ini, Lily pun menjelaskan bahwa upaya OJK menurunkan jumlah saham dalam satuan lot dari 500 saham menjadi 100 saham, adalah upaya yang sangat baik karena membuka akses serta mempermudah masyarakat luas yang ingin masuk ke dunia pasar modal.

Namun, hal yang paling penting terkait peningkatan investor domestik menurut Lily adalah pengetahuan terkait pasar modal itu sendiri. “Untuk meningkatkan investor domestik, perlu ditingkatkan pengetahuan tentang pasar modal di masyarakat,” jelasnya. 

Business In 3 Words: “Honest and Fair.” – Lily Widjaja, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia

Share it