The Captain – Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia

1357
The Captain - Magnus Ekbom CEO Lazada Indonesia December 4th 2014

Sebagai pemimpin sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang e-commerce, Magnus menyampaikan bahwa perkembangan bisnis yang ditekuninya di Indonesia tak terlepas dari peran perkembangan sistem Cash On Delivery (COD). Penghambat bisnis e-commerce sendiri diantaranya adalah masih kurang banyak dan meratanya pengguna kartu kredit dan alat pembayaran sejenis di Indonesia. Oleh karena itu, perkembangan e-commerce yang sistem pembayarannya menggunakan kartu kredit, menjadi terhambat.

Menurutnya, sebelum ada sistem COD, masyarakat Indonesia umumnya dapat dikatakan takut untuk mulai berbelanja secara online. Namun dengan sistem pembayaran barang yang dibeli ketika barangnya sampai ditangan pembeli, masyarakat Indonesia menjadi lebih berani berbelanja secara online untuk pertamakalinya. “COD adalah salah satu hal yang paling penting untuk memungkinkan lebih banyak orang yang mencoba berbelanja secara online untuk pertama kalinya,” jelasnya.

Sebagai warga negara asing yang berbisnis di Indonesia, Magnus menyampaikan pandangannya terkait hal-hal yang menurutnya dibutuhkan untuk berbisnis di Indonesia. Menurutnya, secara umum ada tiga hal yang paling penting. “Ketika Anda berbisnis di Indonesia, Anda membutuhkan tiga hal, yaitu pragmatisme, ketekunan, dan selera humor yang baik,” ucapnya seraya tersenyum.

Selain itu, Magnus juga menyampaikan pandangannya tentang peran media sosial terhadap perkembangan bisnis di Indonesia. Menurut Magnus, masyarakat Indonesia sangat suka berbagi di media sosial jika mereka senang, namun jika mereka tidak senang, mereka akan berbagi lebih banyak lagi.

“Anda harus memastikan bahwa pelanggan Anda adalah pelanggan yang berbahagia.” Jadi para pebisnis di Indonesia, harus memastikan kepuasan para pelanggannya. Dengan demikian, menurutnya, sentimen positif masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan dengan sendirinya akan terbangun secara organik melalui peran media sosial.

 

Business In 3 Words: “Effortless, Happy, & Proffesional.” -The Captain Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia

Share it