The Captain – Mario Moretti Polegato, Founder and Chairman GEOX Group

89

Awal September kemarin, Bali menjadi tuan rumah pertemuan bergengsi Forbes Global CEO Conference yang ke-13. Sebuah forum tempat berkumpulnya para pembuat keputusan dan pemimpin perusahaan global untuk membicarakan berbagai isu yang tidak hanya terkait dengan bisnis. Dalam kesempatan ini Brava Radio mendapat kesempatan eksklusif untuk mewawancarai Mario M. Polegato.

Pria kelahiran Italia tahun 1952 ini, awalnya diharapkan dapat melanjutkan usaha keluarganya yang bergerak dibidang produksi wine atau anggur. Akan tetapi takdir berkata lain, Mario justru melakukan sesuatu yang brilian dengan menemukan teknologi baru untuk sepatu. Teknologi yang disebut breathable technology inipun, sudah dipatenkan.

Pada tahun 1995, didaerah yang dekat dengan sebuah kota bernama Venesia, Italia, Mario mendirikan sebuah perusahaan sepatu yang bernama Geox. Kini Geox yang sudah berubah menjadi Geox Group dengan konsisten terus mengembangkan berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Mario menceritakan, sebagaimana kebanyakan orang tahu tentang sepatu Italia karena memiliki desain kualitas yang baik meski kadang harganya juga mahal, namun Geox juga menawarkan keunikan yang berbeda dengan teknologinya. Dengan breathable technology, lanjut Mario, sepatu Geox menjadi waterproof (tahan air), sehingga lebih nyaman digunakan.

Merk Geox, diciptakan dari gabungan antara kata Yunani “geo” yang berarti bumi, dan ditambahkan huruf “x”. Filosifinya sendiri, menurut Mario, berjalan yang paling baik adalah dengan telanjang kaki. Maksudnya, Mario menjelaskan, ketika memakai Geox seolah senyaman tidak menggunakan sepatu.

Selain itu, Mario juga menjelaskan tentang salah satu faktor yang sangat penting dalam bisnis, yaitu Inovasi. Ia menjelaskan, kini industri sepatu juga memasuki era baru dimana dibutuhkan banyak inovasi untuk tetap dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Tanpa inovasi, lanjut Mario, tidak dapat bertahan suatu bisnis, dan dengan inovasi maka bisnis dapat terus berkembang.

Mario juga mengatakan bahwa pandangannya bahwa Indonesia merupakan negara yang penting bagi perkembangan bisnisnya. Hal ini disebabkan karena Indonesia adalah negara berkembang dengan pasar yang berkembang pula.

Pria yang menyukai petualangan dan orang-orang yang bergerak cepat dalam kehidupan ini mengugkapkan bahwa baginya, sepatu terbaik adalah sepatu yang memungkinkan untuk digunakan dalam setiap situasi. Hal ini juga yang menginspirasinya untuk membuat beberapa seri Geox, yang dapat digunakan dalam berbagai situasi.

“Bisnis dalam 3 kata: Ide, Organisasi, & Passion.” – Mario Moretti Polegato

Share it