The Captain – Michael Wanandi, President Director PT Combiphar

319

Salah satu topik yang menarik dalam perbincangan The Captain kali ini membahas tentang strategi yang diterapkan oleh Michael dalam menjalankan bisnis farmasinya. Satu hal pertama yang diungkapkan oleh Michael adalah, “strategi itu harus unik.” 

Michael pun menjelaskan bahwa keunikan strategi bisnis farmasinya sendiri, karena berorientasi pada proses penjualan produknya, bukan hanya pada kuantitas penjualannya. “Di Combiphar, kami lebih mengutamakan tentang bagaimana produk itu dijual, bukan berapa banyak produk itu terjual,” jelas Michael.

Pria yang telah memimpin Combiphar sejak tahun 2011 ini juga menegaskan bahwa fokus bisnis tidak hanya pada keuntungan, tapi juga harus dapat menyentuh nilai-nilai kemanusiaan. “Bisnis jangan hanya fokus untuk make money, tetapi juga harus menyentuh nilai-nilai kemanusiaan,” tegasnya.

Oleh sebab itu, perusahaan farmasi yang dipimpinnya juga fokus memproduksi produk untuk mencegah penyakit, tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit. “Combiphar lebih fokus untuk menciptakan produk untuk pencegahan,” jelasnya.

Menurut Michael, pencegahan tentu lebih baik daripada hanya sekedar penyembuhan setelah terkena suatu penyakit. Oleh karena itu, ia berfokus pada pencegahan penyakit agar bisnisnya lebih dapat berdampak baik kepada masyarakat banyak. “Kita akan sukses jika kita memberikan impact untuk orang lain,” ungkapnya.

 

Business In 3 Words: “Championing Heatlhy Tomorrow.” -The Captain Michael Wanandi, President Director PT Combiphar

Share it