The Captain – Paulo Soares, Ambassador of Brazil to Indonesia

60

“Indonesia dan Brasil memiliki banyak kesamaan,” demikian ungkap pria yang memiliki nama lengkap, Paulo Alberto da Silveira Soares, ketika ditanya tentang pernbandingan antara negaranya dan tempat kini ia bertugas sebagai duta besar.

Menurut Paulo, selain memiliki kesamaan, keduanya pun memiliki keragaman yang menjadi ciri khas. “Brasil tidak hanya tentang sepak bola dan menari, Indonesia bukan hanya tentang Bali dan surfing,” kata Paulo.

Selain itu, perbincangan mengarah kepada kerjasama yang telah dijalani antara kedua negara.”Pada tahun 2008, kami menandatangani kerjasama antara Brasil dan Indonesia,” kata Paulo.

“Kemitraan Strategis meliputi kerjasama di bidang perdagangan, investasi, hutan, lingkungan, energi, dan budaya. Kami bekerja sama dalam banyak aspek yang menarik kedua negara,” jelas Paulo.

Leo sempat menanyakan tentang pandangannya terhadap Indonesia, menurut Paulo, “Indonesia benar-benar perlu untuk mengembangkan energi terbarukan,” jawabnya.

Selain itu, memandang pentingnya aspek pariwisata yang dimiliki kedua negara, Paulo juga mengungkapkan, “kita perlu membuat kesadaran yang lebih banyak tentang pariwisata antara kedua negara,” lanjutnya menegaskan tentang kerjasama antar kedua negara.

Brasil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia yang yang akan diselenggarakan tahun depan, membawa perbincangan mengarah ke topik ini. Paulo pun mengungkapkan harapannya, “kami hanya berharap bahwa Indonesia dapat memenuhi syarat untuk berada di Brazil (untuk ikut Piala Dunia) tahun depan,” ungkap Paulo.

Sebelum menutup perbincangan, Leo juga sempat menanyakan musisi favorit dari sang duta besar, “musisi favirit saya adalah Antonio Carlos Jobim, yang menyanyikan Girl From Ipanema,” demikian jawab Paulo.

Business in 3 Words: “Business should be less greedy.” – Paulo Soares, Ambassador of Brazil to Indonesia

Share it