The Captain – Richard Kartawijaya, CEO PT Link Net Tbk

289

Ketika membicarakan tentang perkembangan teknologi, tentu tidak akan terlepas dari perkembangan akses internet. PT Link Net Tbk dikenal masyarakat dengan dua produk utamanya, yaitu layanan internet dan televisi kabel, yang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat karena jaminan kualitasnya. Leo pun menanyakan berbagai upaya ataupun kendala yang dihadapi bisnis penyediaan layanan internet.

Sebagai pemimpin salah satu perusahaan penyedia jasa internet kabel, Richard mengungkapkan, “kini internet merupakan kebutuhan untuk semua kalangan baik perkotaan maupun pedesaan, maka jika penyediaan akses internet bagi seluruh masyarakat di perkotaan dan pedesaan didukung dengan kabel, pasti akan lebih baik dan terjamin.”

Terkait hal tersebut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Konten Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) periode 2012-2015 ini, mengungkapkan bahwa kendala dan juga tantangan yang masih dihadapi terkait pengembangan jaringan internet kabel di Indonesia adalah berbagai biaya tambahan, dan juga pungutan liar yang tidak sedikit.

“Hampir di semua kota yang sudah tersedia layanan kami, diantaranya di Jakarta yang terbesar, kemudian di Surabaya, Bandung, dan Bali, semuanya masih menghadapi kendala yang sama,” ungkap Richard.

Padahal jika pengembangan jaringan internet kabel tidak banyak menghadapi kendala yang menghambatnya, tentu bisa dibayangkan perkembangan teknologi informasi di Indonesia. “Jika Indonesia mau maju, maka diperlukan internet yang sangat kuat dan stabil, ini yang harus didukung oleh pemerintah,” jelas Richard.

“Kita lihat hasil survei dari World Bank, yang mengatakan bahwa kemajuan atau petumbuhan suatu negara itu berbanding langsung dengan kemajuan pemakaian internet,” lanjut Richard menjelaskan.

Leo pun sempat menanyakan kepada The Captain edisi kali ini, tentang salah satu pandangan yang menganggap bahwa masyarakat Indonesia belum siap mendapatkan kebutuhan internet cepat. Pandangan tersebut juga sempat heboh dikabarkan oleh media. “Jadi, orang yang berpandangan, “buat apa internet cepat jika masyarakat belum siap” artinya (orang tersebut) salah jaman,” ungkapnya seraya tersenyum.

 

Businnes In 3 Words: “People, Speed and Better.” – The Captain Richard Kartawijaya, CEO PT Link Net Tbk

Share it