The Captain Special Woman on Top – Josephine Komara, Founder BIN House Indonesian Creation

220

 Perbincangan yang berlangsung di BIN House, yang berlokasi di Jalan Purworejo No.10, Menteng, Jakarta ini dibuka dengan pertanyaan tentang kain Indonesia itu sendiri. “Kain Indonesia itu adalah kain yg dipakai sehari-hari oleh orang Indonesia, dan untuk hal-hal transisi dalam kebudayaan dan kehidupan mereka masing-masing,” jawab perempuan yang akrab disapa Obin ini.

Mengingat kain yang telah menjadi bagian dari kebudayaan negeri ini, Leo pun menanyakan tentang penghargaan masyarakat atas kain Indonesia itu sendiri. “Saya melihat niat dari masyarakat untuk mengapresiasi kain, tapi itu semua masih harus dipersiapkan oleh siapa saja yang bisa, bukan hanya pemerintah,” jawabnya.

Tidak hanya mendirikan Bin House sejak 1986, untuk menunjukan betapa pentingnya menghargai salah satu warisan kebudayaan Indonesia ini, Odin sempat bercerita bahwa ia dan almarhum suaminya telah membuat sebuah museum kain di Bali, yang telah rampung bulan November 2013.

Perempuan yang telah mulai menekuni kariernya sebagai tukang kain sejak tahun 1973 ini juga menjelaskan tentang batik yang menurutnya adalah bagian dari kain itu sendiri. Obin menjelaskan bahwa teknik membatik tergantung dari pembuatnya, karena masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. “Batik seperti kue basah. Bahannya dan cara bikinnya sama, tetapi rasanya bisa berbeda. Tergantung dari pengalaman yang membuatnya,” jelasnya.

Ibu dari dua anak ini juga sempat menyampaikan himbauannya kepada masyarakat Indonesia secara umum agar dapat lebih dekat dengan budayanya. “Selama orang Indonesia dekat dengan budayanya dan budayanya dekat dengan orang Indonesia, maka Indonesia tetap ‘save‘,” katanya.

Budaya Indonesia sendiri, menurut Obin, seperti halnya mempelajari sejarah, tentu dapat menjadi bekal bagi masyarakat Indonesia untuk menyongsong masa depan. “Maju ke depan harus berangkat dari siapa kita, tidak hanya tahu yang baru saja,” ungkapnya.

 

Business In 3 Words: “Content, Communication, & Community.”-The Captain Special Woman on Top – Josephine Komara, Founder BIN House Indonesian Creation

Share it