The Captain – Suryo Suwignjo, President Director PT Philips Indonesia

1601
The Captain - Suryo Suwignjo President Director PT Philips Indonesia

Suryo adalah pria yang pertama diberi kepercayaan untuk memimpin sebuah perusahaan multinasional yang telah beroperasi cukup lama di Indonesia. Ketika mendapatkan kepercayaan ini, Suryo mengungkapkan bahwa dirinya mendapat suatu kehormatan sekaligus suatu tekanan untuk membuktikan bahwa ia mampu memenuhi kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Ketika mendapatkan kehormatan seperti itu, tentunya juga ada tekanan yang cukup besar agar kita bisa membuktikan bahwa kepercayaan yang diberikan ini bisa dieksekusi dan diimplementasikan dengan sebaik-baiknya, agar bisa membawa kemajuan perusahaan,” jelasnya.

Seperti diketahui, brand awareness Philips sebagai lighting company sangat kuat di Indonesia. Menurut Suryo, hal ini memiliki menjadi suatu keuntungan sekaligus kerugian bagi perusahaan yang dipimpinnya. “Ini menjadi dua sisi mata uang. Di satu sisi menguntungkan, di sisi lain ‘men-discount‘ unit bisnis Philips yang lain,” ungkapnya.

Secara umum, masyarakat Indonesia mengenal Philips adalah sebuah perusahaan yang fokus dalam bisnis pencahayaan. Hal ini juga dialami oleh Suryo sebelum dirinya bergabung dengan Philips Indonesia. Suryo mengungkapkan bahwa kejadian tersebut terjadi ketika Philips baru mendekatinya untuk menawarkan tanggung jawab yang diembannya kini. Namun ketika dieksplorasi lebih lanjut mengenai bisnis Philips di Indonesia, akan diketahui bahwa bisnis perusahaan ini tidak hanya bergerak dibidang pencahayaan.

“Selain pencahayaan, bisnis Philips di Indonesia mencakup penyediaan produk berupa perangkat medis, health care, dan juga consumer lifestyle. Bahkan belakangan yang saya ketahui, binis health care Philips adalah kontributor terbesar dari revenue perusahaan ini secara global.” jelasnya.

Selain itu, Suryo juga sempat mengungkapkan pendapat terkait perkembangan bisnis Philips di Indonesia. Menurutnya, jika dilihat dari keadaan tanah air, bisnis Philips di Indonesia akan mengalami perkembangan. “Potensi bisnis Philips ke depan sangat besar, karena di kota-kota besar di Indonesia kini sedang mengalami pertumbuhan middle class dan urbanisasi,” ucapnya.

 

Business In 3 Words: “Inovasi, Progress, & Opportunity.” – The Captain Suryo Suwignjo, President Director PT Philips Indonesia

Share it