The Captain – Tom Aaker, CEO Standard Chartered Bank Indonesia

173

Bagi Tom Aaker, dunia perbankan yang ia geluti merupakan kegiatan untuk merancang masa depan. “Perbankan bagi saya adalah kesempatan untuk melakukan berbagai hal yang akan kita capai di masa depan,” ujar Tom.

Tidak sekedar merencanakan masa depan, menurut Tom, perbankan dapat mempermudah berbagai kepentingan korporasi untuk melangsungkan proyeknya. “Perbankan adalah kesempatan untuk membantu pembiayaan perusahaan untuk melaksanakan proyek,” ungkapnya.

Tom juga mengungkapkan bahwa, perbankan juga sangat berguna untuk membantu individu yang ingin merencanakan keuangan masa depannya. “Perbankan adalah kesempatan untuk membantu individu untuk mengatus masa depan keuangan mereka, lanjut Tom.

Selain membahas tentang perbankan, Leo juga sempat menanyakan kesan yang didapat Tom yang mendapatkan pengalaman bekerja dengan orang Indonesia. “Orang Indonesia benar-benar menikmati berada di tim, bekerja sama dan mendukung satu sama lain,” ungkap Tom tentang tim yang dipimpinnya.

Leo juga sempat membahas tentang gaya kepemimpinan Tom. Sebagai pemimpin, Tom mengungkapkan bahwa tipe kepimimpinan yang ia terapkan adalah tipe pemimpin pemberi contoh. “Saya mencoba untuk menjadi pemimpin dengan memberi contoh,” ujarnya.

“Hal pertama yang saya coba lakukan adalah hanya untuk menjadi diri sendiri, karena saya tidak bisa mencoba untuk memimpin seperti orang lain. … Menurut saya, pekerjaan saya adalah untuk menginspirasi orang-orang di sekitar saya,” jelas Tom.

Pembahasan pun sempat menyinggung tentang pandangan Tom terkait wilayah Asia yang kini menjadi tempat tinggal sekaligus tempatnya bekerja. “Asia masih menjadi wilayah yang paling menarik di dunia. Indonesia, China, dan India akan menjadi lebih besar dan berpengaruh di panggung dunia,” jelas Tom.

“Menurut saya, Asia secara umum dan Indonesia secara khusus, siap untuk suatu terobosan,” ujar Tom.

Business in 3 words, Colleagues, Customers, & Competition. – Tom Aaker, CEO Standard Chartered Bank Indonesia

Share it