The Captain : Tonda Priyanto – Senior General Manager Telkom Corporate University

573

Telkom Corporate University (TCU) pertama kali diresmikan pada bulan September 2012, akan tetapi untuk sejarahnya sendiri, metodologinya secara perlahan sudah dipakai sebelum diresmikannya sendiri. Tonda menjelaskan bahwa para petinggi Telkom sangat mempercayai bahwa setiap perusahaan tergantung pada kualitas individu yang oleh karena itulah diperlukan badan seperti corporate university.

Menurut Tonda, corporate university merupakan sebuah badan organisasi belajar yang dapat meningkatkan performa bisnis dari perusahaan yang bersangkutan. TCU sendiri berfungsi sebagai motor penggerak perusahaan agar tetap terus belajar. Perbedaan corporate university dengan learning center sendiri lebih karena metodologinya, dan fungsinya bagi perusahaan.

Tonda juga menjelaskan bahwa secara khusus TCU adalah organisasi yang berfungsi untuk membantu perusahaan Telkom Group sendiri untuk mencapai visi dan misi bisnisnya, dengan cara meningkatkan pembelajaran secara individu dan organisasi. Oleh karena itu, Telkom Corporate University memiliki tiga jargon dalam pembelajarannya, yakni alignment to business, menunjang performances business, dan juga mendukung business transformation.

Selain itu Tonda juga meggambarkan tentang ukuran keberhasilan pembelajarannya dengan istilah, ‘right learning to the right people, in the right time, and the right cost‘. Sedangkan untuk career development yang dianut oleh TCU menurutnya, dapat tergambar dengan tiga kata, yaitu learning, assignment, & mentoring.

Sebuah pertanyaan yang menggelitik pun muncul tentang kemungkinan TCU yang juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk mengikat komitmen karyawan Telkom, secara terbuka Tonda pun menjawab bahwa hal tersebut benar. Tonda menjelaskan, kedepannya nanti semua jajaran direksi Telkom harus lulusan TCU. Hal tersebut merupakan sebuah tantangan agar TCU dapat meningkatkan standar kualitas, minimal mengikuti standar global.

“Business in 3 words, competency, networking, & trust,” -Tonda Priyanto

Share it