Tidak Hadiri KTT APEC, Obama Telepon SBY

15

Staf Khusus Pesiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, Jumat, menyebutan dalam keterangan tertulisnya,  Presiden Obama menyesal tidak dapat menghadiri KTT APEC di Bali sehubungan dengan masih berlangsungnya pembahasan anggaran nasional AS.

Rencananya, Presiden Obama akan menghadiri KTT APEC bersama dengan para pemimpin ekonomi lain di Bali pada 7-8 Oktober. Sebagai gantinya, Presiden Obama telah menunjuk Menteri Luar Negeri John Kerry untuk mewakilinya pada KTT APEC.

Presiden Yudhoyono pun menyatakan memaklumi pertimbangan terkait ketidakhadiran Presiden Obama pada KTT APEC 2013 karena dia juga mengikuti perkembangan situasi di dalam negeri Amerika Serikat belakangan ini.

Dikabarkan media AS sudah mengindikasikan kabar urungnya Obama menghadiri KTT APEC kali ini menyusul krisis fiskal yang dipicu perbedaan garis politik antara kubu Republik dan Demokrat, terutama menyangkut UU perlindungan kesehatan.

Perbedaan ini mengakibatkan kebuntuan dalam negosiasi politik di DPR menyangkut anggaran belanja AS yang akhirnya berlarut-larutnya masa negosiasi membuat operasi pemerintah AS berhenti sementara karena anggaran tidak cair, demikian Antaranews.com.

Share it