Tips Memaksimalkan Facebook Bagi Para Politikus

75

Selain itu harbath juga dikabarkan mengajar secara online tim Presiden Dilma Rousseff terkait bagaimana memaksimalkan pemanfaatan Facebook. Sebelum bergabung dengan Facebook, Harbath adalah ahli strategi digital untuk Komite Nasional Partai Republik dan kampanye presiden 2008 dari mantan Wali Kota New York Rudolph Giuliani.

Tips untuk menggunakan media sosial seperti Facebook dianggap penting oleh politikus negeri itu, yang akan menghadapi pemilihan umum pada 2014. Dengan 76 juta pengguna Facebook, di luar Amerika Serikat dan India, Brasil merupakan pasar utama untuk jaringan sosial yang berbasis di San Francisco itu. Facebook selama ini menjadi alat yang ampuh bagi politikus di banyak negara untuk mendulang suara dari pemilih muda. 

Harbath juga mengatakan bahwa terdapat seperti blok suara besar warga yang mendapatkan banyak berita dan informasi mereka hanya dari tempat-tempat seperti Facebook. 

Berikut beberapa tips Harbath bagi para politikus seperti yang dilansir dari Tempo.co: 

  1. Jangan menuliskan status lebih dari tiga kali sehari untuk menghindari potensi pendukung menjadi bosan. 
  2. Tulislah status seotentik dan sepersonal mungkin, dengan melibatkan konstituen dalam sesi tanya-jawab. Di AS, anggota Kongres AS banyak yang membuka mimbar tanya-jawab langsung dengan konstituen melalui Facebook. Mereka menyebutnya sebagai Facebook Fridays. 
  3. Posting-lah status pada saat puncak pemakaian Facebook. Untuk mengenalinya, perlu dilakukan survei. Di AS, puncak penggunaan Facebook adalah antara pukul 21.00 hingga 22.00, sedangkan di Brasil pada saat makan siang. 
  4. Pelajari cara menggunakan alat metadata Facebook untuk mengetahui berapa banyak pengguna mengunjungi halaman mereka dan pada pukul berapa. Dengan demikian, Anda akan makin memahami “tabiat” online konstituen dan calon potensial konstituen Anda.
Share it