Tokoh Dunia yang Dilempar Sepatu

57

Itu bisa menjadi petanda ada yang tak suka dengan si korban. Apalagi kejadian itu dilakukan di depan umum, saat ribuan pasang mata melihatnya secara langsung atau pun melalui layar kaca.

Iya, kebijakan yang dibuat pemimpin memang tak pernah bisa memuaskan semua pihak. Dan pemimpin-pemimpin ini pernah mengalami pelampiasan amarah dari seseorang, seperti baru-baru ini yang dialami Hillary Clinton. Selain ada mantan First Lady Amerika ini, ada juga beberapa pemimpin lainnya yang tercatat pernah dilempari sepatu. Silakan lihat daftarnya di bawah ini:

Hillary Clinton

Kamis [10/04/2014] waktu setempat di Las Vegas, AS, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ini dilempar sepatu oleh seorang perempuan berambut pirang, saat menghadiri konferensi Institut Industri Daur Ulang Besi Tua. Kena? Tidak, Hillary berhasil menghindar dan malah dijadikan bahan candaan hingga membuat para peserta konferensi tertawa. Sang pelempar langsung diamankan oleh pihak keamanan.

Pervez Musharraf

Jumat [29/03/2013], mantan presiden Pakistan Pervez Musharraf ketika sedang berjalan ke sebuah ruang pengadilan hampir terkena lemparan sepatu dari salah satu pengacara yang memprotes keras mantan penguasa militer itu. Yang melempar segera diamankan oleh aparat yang berpakaian sipil.

Mahmoud Ahmadinejad

Senin [12/12/2011], di kota Sari, Ibu kota Provinsi Mazandaran, Iran Utara, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad yang saat itu sedang berpidato mendapatkan lemparan sepatu oleh seorang pria yang mengeluh mengenai tingginya angka pengangguran di wilayahnya. Sepatu bot yang dilempar itu tak berhasil mengenai sasaran, dan pelemparnya ditahan oleh aparat setempat.

John Howard

Jumat [06/11/2009], lokasinya sama dengan lemparan sepatu pada Wen Jiabao. Mantan Perdana Menteri Australia, John Howard, diteriaki rasis oleh si pelempar yang langsung digelandang keluar ruangan oleh pihak keamanan. Sepatu itu juga tidak sampai mengenai korbannya.

Palaniappan Chidambaram

 

Selasa [07/04/2014], Menteri Dalam Negeri India Palaniappan Chidambaram saat melakukan konferensi pers di New Delhi, nyaris terkena sepatu yang dilempar oleh seorang jurnalis setelah mendengar jawaban atas kerusuhan anti-Sikh yang terjadi tahun 1984. Wartawan itu pun langsung dibawa ke kantor polisi, dan konferensi pers tetap berlangsung.

Benny Dagan

Kamis [05/02/2009], peristiwanya terjadi di Universitas Stockholm, Swedia. Waktu itu, Duta Besar Israel Benny Dagan, dilempari sepatu dan benda lainnya oleh beberapa mahasiswa. Alhasil ada suatu benda yang mengenai Dubes Benny. Menindaklanjuti insiden tersebut, polisi Swedia menangkap seorang pria dan wanita dengan tuduhan serangan dan mengganggu ketertiban umum.

Wen Jiabao

Senin [02/02/2009] di Universitas Cambridge, Inggris. Ketika itu perdana menteri Cina Wen Jiabao sedang memberikan ceramah, tiba-tiba saja seorang pria melemparkan sepatu olahraga ke arahnya. Wen Jiabao tak perlu sampai menghindar karena lemparan pria tersebut masih satu meter lagi mengenainya. Si pelempar langsung ditangkap dan dibawa keluar ruangan.

George W Bush

Minggu (14/12/2008) di Irak, saat jumpa pers di hari kunjungannya terakhir di Negeri 1001 Malam ini, George Bush yang saat itu menjabat sebagai presiden Amerika mendapat dua kali lemparan sepatu dari wartawan Irak. Dan ia berhasil menghindar dari keduanya. Karena perbuatannya sang wartawan mendapat hukuman selama tiga tahun.

[foto courtesy of npr.org]

Share it